Upaya Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Ekonomi pada Kompetensi Dasar Pengikhtisaran Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Bagi Peserta Didik Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 3 Sinjai

Asaf, Asaf (2014) Upaya Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Ekonomi pada Kompetensi Dasar Pengikhtisaran Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Bagi Peserta Didik Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 3 Sinjai. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Asaf.docx

Download (15kB)

Abstract

ABSTRAK Asaf. 2014. Upaya Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Ekonomi pada Kompetensi Dasar Pengikhtisaran Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Bagi Peserta Didik Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 3 Sinjai. (dibimbing oleh Muchtar Yunus dan Herman). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat memberikan inovasi dalam pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD melibatkan peserta didik tidak hanya aktif di dalam kelas tetapi juga aktif di luar kelas melalui kerja kelompok atas masalah yang berhubungan dengan materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui gambaran proses pembelajaran kompetensi dasar pengikhtisaran siklus akuntansi perusahaan jasa sebelum penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, (2) mengetahui gambaran proses pembelajaran kompetensi dasar pengikhtisaran siklus akuntansi perusahaan jasa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, (3) meningkatkan partisipasi belajar peserta didik pada kompetensi dasar pengikhtisaran siklus akuntansi perusahaan jasa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, dan (4) meningkatkan hasil belajar peserta didik pada kompetensi dasar pengikhtisaran siklus akuntansi perusahaan jasa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di SMA Negeri 3 Sinjai. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research), penelitian ini dilaksanakan secara bersiklus yang terdiri dari 4 fase pada setiap siklus yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar pengamatan dan tes hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Partisipasi peserta didik dalam pembelajaran mengalami peningkatan kategori sedang menjadi kategori tinggi (2) hasil belajar ekonomi peserta didik mengalami peningkatan kategori rendah menjadi kategori sangat tinggi (3) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar peser didik. ABSTRACT ASAF. 2014. Efforts in Enhancing Participation and Learning Result of Economy on Basic Competence of Accounting Cycle Summary of Service Company through the Implementation of Cooperative Learning Model of STAD Type for Grade XI IPS1 Students at SMAN 3 Sinjai (supervised by Muchtar Yunus and Herman) The study aimed at (1) discovering the description of learning process of basic competence of accounting cycle summary of service company before applying cooperative learning model of STAD type, (2) discovering the description of learning process of basic competence of accounting cycle summary of service company after applying cooperative learning model of STAD type, (3) improving students’ participation on basic competence of accounting cycle summary of service company after applying cooperative learning model of STAD type, and (4) improving students’ learning result on basic competence of accounting cycle summary of service company after applying cooperative learning model of STAD type at SMAN 3 Sinjai. The study is a classroom action research. The study was conducted in cycles consisted of four phases, namely the planning, action, observation, and reflection. Data were collected by employing observation sheet and test of students’ learning result. The results of the study reveled that (1) students’ participation in learning has improved from fair category to high category, (2) students’ learning result in learning economy has improved from low category to extremely high category, and (3) the implementation of cooperative learning model of STAD type can improve participation and students’ learning result.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Ilmu Pengetahuan sosial
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Dec 2016 07:27
Last Modified: 05 Dec 2016 07:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1519

Actions (login required)

View Item View Item