PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SMAN 2 CAMBA-MAROS

Yulianti, Yulianti (2019) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SMAN 2 CAMBA-MAROS. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL fix.pdf

Download (695kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi melalui model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL), pada kompetensi dasar Kegiatan Ekonomi Dalam Memanfaatkan Sumber Daya Alam semester genap tahun pelajaran 2019/2020 dengan subjek penelitian sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan observasi pada saat berlangsungnya proses pembelajaran dan tes yang diberikan pada awal dan akhir siklus. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh skor rata-rata untuk siklus I ialah 1305 sedangkan ketuntasan klasikalnya mencapai 20 persen. Dan pada siklus II di peroleh skor rata-rata 1542,5 dengan ketuntasan klasikal 80 persen. Meningkatnya hasil belajar ekonomi peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) ditandai dengan semakin meningkatnya persentase kategori dari kategori rendah pada siklus I menjadi kategori tinggi pada siklus II. Data hasil observasi menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik dalam belajar ekonomi pada saat pembelajaran. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi di SMAN 2 Camba-Maros. Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 Oct 2019 07:31
Last Modified: 11 Oct 2019 07:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15163

Actions (login required)

View Item View Item