PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MAHARAH AL-KITABAH SISWA KELAS XI IPB SMAN 4 BANTAENG

Jumriani, Jumriani (2019) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MAHARAH AL-KITABAH SISWA KELAS XI IPB SMAN 4 BANTAENG. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL JUMRIANI.pdf

Download (778kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Jumriani, 2019. “Problematika Pembelajaran Maharah Al-Kitabah Siswa Kelas XI IPB SMAN 4 Bantaeng”, Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Muh Anwar, dan Fatkhul Ulum). Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan problematika siswa dan guru dalam pembelajaran maharah al-kitabah siswa kelas XI IPB SMAN 4 Bantaeng, (2) Upaya mengatasi problematika pembelajaran menulis bahasa bahasa Arab. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini yaitu keseluruhan siswa kelas XI IPB SMAN 4 Bantaeng yang berjumlah 46 orang. Populasi selanjutnya adalah guru yang mengampu pembelajaran bahasa Arab. Instrument penelitian ini berupa angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan empat problematika yang dialami oleh siswa dan satu problematika yang dialami oleh guru. Keempat problematika yang dialami oleh siswa dalam pembelajaran menulis bahasa Arab adalah (1) rendahnya minat siswa pada pembelajaran menulis bahasa Arab, (2) kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan (3) kurangnya bimbingan guru, (4) kurangnya dukungan dari sekolah. Problematika yang dialami guru dalam pembelajaran bahasa Arab yaitu kurangnya fasilitas kegiatan pembelajaran seperti laboratorium bahasa. Kemudian upaya mengatasi problematika siswa yaitu dengan cara menciptakan lingkungan kelas yang kondusif, mencari referensi tentang bahasa Arab di luar bahan ajar, dan mengadakan lomba-lomba yang berkaitan dengan keterampilan menulis bahasa Arab seperti lomba kaligrafi dan lomba cipta puisi berbahasa Arab. Selanjutnya, upaya mengatasi problem guru yaitu dengan cara menambah fasilitas belajar yakni penambahan sarana dan prasarana yang menunjang pembelajaran. Misalnya pengadaan laboratorium bahasa dan pelatihan-pelatihan kepada guru tentang pemanfaatan media pembelajaran. Kata Kunci :Problematika, Pembelajaran, Menulis Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Oct 2019 06:51
Last Modified: 10 Oct 2019 06:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15146

Actions (login required)

View Item View Item