PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 BARRU

Yanti, Ida (2019) PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 BARRU. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
Jurnal Idayanti.pdf

Download (957kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ida Yanti, 2019. Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment terhadap Minat Belajar Bahasa Arab pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Barru. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Jurusan Pendidikan Bahasa Asing, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Muh. Bachtiar Syamsuddin dan Amri Rahman). Penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap minat belajar bahasa Arab siswa kelas XI SMA Negeri 5 Barru. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pemberian reward dan punishment sedangkan variabel terikatnya adalah minat belajar bahasa Arab. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 7 kelas sebanyak 230 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan Cluster Random Sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini yakni 1 kelas yaitu kelas XI IIS 2 terdiri dari 34 siswa. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian reward dan punishment berpengaruh terhadap minat belajar bahasa Arab siswa kelas XI SMA Negeri 5 Barru. Hal ini berdasarkan dari uji hipotesis < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05, sehingga ditetapkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, terdapat pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap minat belajar bahasa Arab siswa kelas XI SMA Negeri 5 Barru. Kata kunci : Reward, Punishment, Minat Belajar Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Oct 2019 05:22
Last Modified: 10 Oct 2019 05:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15137

Actions (login required)

View Item View Item