ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATA PELAJARAN PENGECATAN BAGI SISWA JURUSAN TEKNIK PERBAIKAN BODI OTOMOTIF SMK NEGERI 2 PANGKEP

PRAYITNO, AGUNG (2019) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATA PELAJARAN PENGECATAN BAGI SISWA JURUSAN TEKNIK PERBAIKAN BODI OTOMOTIF SMK NEGERI 2 PANGKEP. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATA PELAJARAN PENGECATAN BAGI SISWA JURUSAN TEKNIK PERBAIKAN BODI OTO~0.pdf

Download (214kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK AGUNG PRAYITNO, 1223040038, 2012, Analisis Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Pengecatan Bagi Siswa Jurusan Teknik Perbaikan Bodi Otomotif SMK NEGERI 2 PANGKEP. Pembimbing Mansyur dan Sunardi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui (1)gambaran kesulitan belajar faktor internal pada mata pelajaran pengecatan SMK N 2 Pangkep, (2)gambaran kesulitan belajar faktor eksternal pada mata pelajaran pengecatan SMKN 2 Pangkep. Jenis penelitian adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini adalah 6 siswa kelas XI jurusan teknik perbaikan bodi otomotif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil analisis deskriptif menunjukan (1)faktor internal kesulitan belajar siswa dilihat dari tiga indikator yaitu kondisi fisik, faktor minat dan motivasi, dari ketiga aspek tersebut dimana faktor kesehatan fisik Siswa mengungkapkan bahwa selalu berangkat sekolah dengan keadaan tubuh yang sehat. Apabila mengalami gangguan kesehatan siswa tersebut meminta izin kepada guru dengan mengirim surat. Dari hasil pengamatan rata-rata siswa pada saat mengikuti pembelajaran dalam keadaan sehat. Terdapat pula siswa yang memiliki keterbatasan fisik (pendengaran). Yang mengungkapkan bahwa sering malas atau kesal pada saat tidak bisa mengerjakan atau tidak memahami apa yang disampikan oleh guru, dan (2)faktor eksternal kesulitan belajar siswa dilihat dari empat indikator yaitu fasilitas belajar, proses belajar, lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga, dari keempat aspek tersebut dimana lingkungan keluarga siswa mengungkapkan bahwa orang tua murid kurang memperhatikan waktu belajar pada saat murid berada dirumah karena orang tua murid memiliki kesibukan masing-masing. Hanya beberapa siswa yang diperhatikan waktu belajarnya pada saat berada dirumah. Orang tua siswa juga jarang mempertanyakan tugas-tugas sekolah dan tekanan orang tua Kata Kunci : Kesulitan Belajar Siswa, Sekolah Menengah Kejuruan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Otomotif
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Oct 2019 01:57
Last Modified: 09 Oct 2019 01:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15121

Actions (login required)

View Item View Item