Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kelistrikan Otomotif Kelas XI Jurusan TKR di SMK Negeri 2 Pangkep

Ardhiansyah, Ardhiansyah (2019) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kelistrikan Otomotif Kelas XI Jurusan TKR di SMK Negeri 2 Pangkep. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL Ardi.pdf

Download (72kB) | Preview

Abstract

Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental yang bertujuan untuk: (1) Mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas XI Jurusan TKR di SMK Negeri 2 Pangkep, (2) mengetahui pendapat siswa terhadap penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran kelistrikan otomotif kelas XI Jurusan TKR di SMK Negeri 2 Pangkep, (3) Mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran kelistrikan otomotif kelas XI Jurusan TKR di SMK Negeri 2 Pangkep. Populasi dalam penelitian ini 97 siswa sedangkan sampel penelitian sebanyak 63 siswa pada mata pelajaran kelistrikan otomotif. Jenis pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, tes, angket dan lembar pengamatan. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berada pada kategori sangat tinggi dimana skor tertinggi siswa adalah 72 dan skor terendah 61 dimana skor tertinggi dalam kategori kecenderungan adalah ≥57, untuk pendapat siswa tentang penerapan model pembelajaran Problem Based Learning hasil analisis tersebut sebanyak 87% siswa menyatakan model pembelajaran Problem Based Learning menumbuhkan sikap kritis, berpikir ilmiah dan mampu bekerja sama dengan baik, dan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning mampu meningkatkan prestasi belajar siswa yang dilihat dari hasil pretest kelas eksperimen mendapatkan rata-rata 11,74 dan setelah perlakuan dan diberikan tes (posttest) meningkat menjadi 16,19. Kata Kunci : Problem Based Learning, prestasi siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Otomotif
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Oct 2019 01:30
Last Modified: 09 Oct 2019 01:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15116

Actions (login required)

View Item View Item