HUBUNGAN MINAT BEKERJA DI INDUSTRI DENGAN PRESTASI PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) ( Studi Kasus Pada Siswa Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 5 Sidrap)

Sarwono, Sarwono (2019) HUBUNGAN MINAT BEKERJA DI INDUSTRI DENGAN PRESTASI PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) ( Studi Kasus Pada Siswa Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 5 Sidrap). Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
jurnal sarwono.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1)Gambaran minat bekerja di industri (2) Gambaran prestasi praktik kerja lapangan(PKL)dan (3) hubungan antara minat bekerja di industri dengan prestasi Praktik Kerja Lapangan (PKL) siswa pada jurusan Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 5 sidrap Kabupaten Sidrap. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan populasi berjumlah 101 siswa. Melalui metode purposive sampling diambil sebanyak 55 siswa sebagai sampel penelitian. Adapun data minat bekerja menggunakan teknik angket sedangkan prestasi Praktik Kerja Lapangan (PKL) diperoleh dengan menggunakan teknik dokumentasi atau nilai sertifikat. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis ini digunakan untuk mengetahui hubungan variabel minat kerja dan variabel prestasi akademis sebagai variabel independen baik secara simultan maupun secara parsial terhadap variabel kesiapan kerja sebagai variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahawa (1) minat bekerja di industri berada pada kategori sangat tinggi 100%. (2) prestasi praktik kerja lapangan (PKL) berada pada kategori baik sebanyak 65 %. (3) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat bekerja di industri siswa Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 5 Sidrap dengan prestasi praktik kerja lapangan (PKL). Dimana r sebesar 0,560 Kemudian harga r hitung dikonsultasikan dengan r tabel hitung pada taraf signifikansi 5% dengan n = 55 sebesar 0,266 sehingga r hitung lebih besar dari r tabel atau (r hitung 0,560> r 0.266). dan nilai signifikansi sebesar 0.000 yang berarti kurang dari 0.05 (0.000< 0.05) yang koefisien korelasinya termasuk dalam kategori sedang. Kata Kunci: Minat Bekerja dan Prestasi Praktik Kerja Lapangan (PKL). tabel

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Otomotif
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Oct 2019 01:26
Last Modified: 09 Oct 2019 01:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15114

Actions (login required)

View Item View Item