PEMBELAJARAN APRESIASI SENI RUPA BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 3 BISSAPPU KABUPATEN BANTAENG

SUPRIANTO, EDI (2019) PEMBELAJARAN APRESIASI SENI RUPA BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 3 BISSAPPU KABUPATEN BANTAENG. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
Artikel JURNAL.pdf

Download (257kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK EDI SUPRIANTO. 2018 Pembelajaran Apresiasi Seni Rupa Berbasis Masalah (Problem Based Learning) pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Bissappu Kabupaten Bantaeng (Dibimbing oleh Muhammad Rafi dan Ali Ahmad Muhdy) Belum optimalnya penerapan model pembelajaran yang digunakan oleh Guru Seni Budaya di kelas VIII SMP Negeri 3 Bissappu Kabupaten Bantaeng mengakibatkan hasil belajar peseta didik tergolong rendah. Guru masih terbiasa dengan model konvensionl yang berpusat pada guru sehingga nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tujuan penelitian ini adalah (i) mengetahui perencanan pembelajaran apresiasi seni rupa berbasis masalah (problem based learning) pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Bissappu (ii) untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran apresiasi seni rupa berbasis masalah (problem based learning) pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Bissappu (iii) untuk mengetahui hasil pembelajaran apresiasi seni rupa berbasis masalah ( problem based learning) pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Bissappu Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif yang bersifat deskriptif, yaitu suatu penelitian yang dilakukan untuk mendapatkan gambaran umum deskripsi tentang apa yang diteliti melalui pengelolaan data secara evaluatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Bissappu tahun pelajaran 2017/2018 semester genap berjumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data diambil dari hasil validasi perangkat dan instrument penelitian oleh para ahli, penilaian observasi, wawancara dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis melalui teknik statistika deskriftif dan naratif. Hasil penilaian tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran apresiasi seni rupa berbasis masalah (problem based learning) pada peserta didik SMP Negeri 3 Bissappu dari segi penyusunan RPP, pelaksanaan dan penilaian masuk pada kategori baik, dari segi pembelajaran apresiasi seni rupa berbasis masalah (problem based learning) pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Bisappu dalam kategori baik dan hasil belajar peserta didik dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN SENI RUPA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 08 Oct 2019 03:56
Last Modified: 08 Oct 2019 03:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15103

Actions (login required)

View Item View Item