Pengembangan Perangkat Asesmen Pembelajaran Proyek pada Materi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan

BASRI K, IVO (2013) Pengembangan Perangkat Asesmen Pembelajaran Proyek pada Materi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
IVO BASRI K..docx

Download (24kB)

ABSTRAK IVO BASRI K. 2013. Pengembangan Perangkat Asesmen Pembelajaran Proyek pada Materi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (dibimbing oleh Nurhayati B dan Ruslan) Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui tahapan pengembangan perangkat asesmen pembelajaran proyek pada materi pencemaran dan kerusakan lingkungan dan 2) untuk mengetahui validitas, reliabilitas, dan kepraktisan perangkat asesmen pembelajaran proyek pada materi pencemaran dan kerusakan lingkungan untuk peserta didik Kelas VII1 di MTs Negeri Model Makassar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D, yang terdiri dari empat tahapan yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini, meliputi: 1) teknik non tes, terdiri atas: (a) pengamatan dan penilaian langsung terhadap rancangan perangkat asesmen pembelajaran proyek oleh validator; (b) pengamatan dan penilaian langsung terhadap keterlaksanaan dari instrumen penilaian yang diberikan kepada observer; dan (c) pemberian angket respon guru untuk mengumpulkan data kelayakan asesmen pembelajaran proyek dan 2) teknik tes yaitu memberikan tes butir uraian kepada peserta didik untuk mengetahui pemahaman peserta didik terhadap kegiatan proyek yang telah dilaksanakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) perangkat asesmen pembelajaran proyek yang dikembangkan, meliputi: RPP, tabel spesifikasi, kisi-kisi, rubrik asesmen pembelajaran proyek (ranah penilaian kognitif, afektif, dan psikomotorik) dan tugas kelompok, lembar angket respon guru, tes butir uraian, lembar observasi keterlaksanaan asesmen pembelajaran proyek, dan lembar kelayakan asesmen pembelajaran proyek (pedoman) dan 2) validitas, reliabilitas, dan kepraktisan perangkat asesmen pembelajaran proyek, sebagai berikut: (a) seluruh perangkat asesmen pembelajaran proyek dinyatakan valid dengan nilai kevalidan yaitu V = 1 atau V = 100%; (b) rubrik asesmen pembelajaran proyek (tugas kelompok) dinyatakan reliabel dengan koefisien reliabilitas 0,85, sedangkan tes butir uraian koefisien reliabilitas 100% atau 1,00; dan (c) perangkat asesmen pembelajaran proyek (pedoman) yang dikembangkan bersifat praktis karena telah memenuhi dua kriteria kepraktisan yaitu kelayakan dan keterlaksanaan. Kata kunci: Pengembangan 4-D, Penilaian Proyek, Materi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan ABSTRAC IVO BASRI K. 2013. The Development of Project Learning Assessment Instrument on Subject Material Pollution and Environmental Destruction (supervised by Nurhayati B and Ruslan). This research aims: 1) to determine the stage of development of project learning assessment instrumenton subject material pollution and environmental destruction and 2) to examine the validity, reliability, and practrcally of project learning assessment instrument on pollution and environmental destruction subject material to grade Vlll students of MTs Negeri Model Makassar, namely the definition, design, development, and deployment. Techniques used in collecting the data were (l) non test technique, including: a) direct assessment and observation to the design of project learning assessment instrument by the experts, b) direct assessment and observation to the irnplernentation of the assessment instrument given to the observer, and c) questionnaire of teacher's response to collect validity; and (2) test technique by giving essay test to the students to discover their cornprehension on the projectactivity implernented. The results of the research reveal that. The results of the research reveal that (1) the instruments developed including lesson plan, specification table, blue print, assessment rubricof learning project (cognitive, affective and psychomotor dornains), assessment rubric of learning project (group assignment), questionnaire sheet of teacher's responses, essay test, observation sheet of project learning assessment implementation, and validity sheet of project learning assessment (a rnanual book of project learning assessment on pollution and environmental destruction subjectmaterial) and 2) the validity, reliability, and practicality of project learning assessment project, as follows: (a) the validity, reliability, and practically of project learning assessment instrument are as follows: a) all instrument are valid by score of V = 1 or V = 100%, (b) learning assessment rubric project (task group) revealed reliable with a reliability coefficient of 0.85, while the reliability coefficient of a test item description 100% or 1.00, and (c) project learning assessment tools (guidelines) were developed is practical because it has to meet two criteria, namely the feasibility and practicality of enforceability. Keywords: 4-D development, project assessment, subject material pollution and environmental destruction

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > BIOLOGI - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Dec 2016 07:14
Last Modified: 05 Dec 2016 07:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1510

Actions (login required)

View Item View Item