Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPS Di SMK Trisakti Aroepala Makassar.

A., Zulkifli (2014) Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPS Di SMK Trisakti Aroepala Makassar. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
A.Zulkifli,.docx

Download (13kB)

ABSTRAK A.Zulkifli, 2014. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPS Di SMK Trisakti Aroepala Makassar. Skripsi. Jurusan IPS Terpadu, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Drs.syamsul sunusi, M.Pd dan Dr.Herman, S.Pd. M,Si). Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui gambaran motivasi belajar siswa di SMK Trisakti Aroeppala Makassar. (2) mengetahui gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMK Trisakti Aroeppala Makassar. (3) mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMK Trisakti Aroeppala Makassar . Penelitian dilakukan dengan pendekatan statistik kuantitatif deskriptif. Variabel penelitian terdiri dari lingkungan belajar (variabel X) dan hasil belajar (variabel Y). Populasi penelitian ini adalah siswa SMK Trisakti Aroppala Makassar sebanyak 420 siswa serta yang menjadi sampel kelas X sebanyak 42 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskritif dan analisis statistik infrensial. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa : (1) Tingkat motivasi belajar siswa di SMK Trisakti Aroeppala Makassar dalam kategori “baik” ditinjau dari indikator motivasi belajar yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik, (2) Tingkat hasil belajar siswa tergolong “baik” ditinjau dari aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif, (3) Terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap pencapaian hasil belajar siswa di SMK Trisakti Aroeppala Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > ILMU SOSIAL
Divisions: ?? sch_soc ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:56
Last Modified: 25 Apr 2016 06:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/151

Actions (login required)

View Item View Item