PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO BERBASIS TARIAN LULOKREASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS X MIPA DI SMA NEGERI 1 UNAAHA

SARI, RAHAYU PERTIWI (2019) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO BERBASIS TARIAN LULOKREASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS X MIPA DI SMA NEGERI 1 UNAAHA. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL RAHAYU PERTIWI SARI (SUBMIT).pdf

Download (497kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK RAHAYU PERTIWI SARI. Pengembangan Media Video Berbasis Tarian Lulo Kreasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Unaaha (Farida Aryani dan Abdullah Sinring) Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang berperan penting dalam membentuk pribadi siswa, baik sebagai individu maupun anggota masyarakat di lingkungannya. Fenomena yang terjadi dalam dunia pendidikan saat ini keterampilan sosial siswa tidak berkembang dengan baik karena perkembangan teknologi yang membuat siswa lebih terfokus pada dunia maya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran kebutuhan tentang media video berbasis tarian Lulo kreasi untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa di SMA Negeri 1 Unaaha. (2) prototipe media video berbasis tarian Lulo kreasi untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa di SMA Negeri 1 Unaaha. (3) validitas dan kepraktisan media video berbasis tarian Lulo kreasi untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa di SMA Negeri 1 Unaaha. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang berdasarkan tahapan penelitian oleh Borg and Gall. Penelitian menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan skala. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) gambaran kebutuhan tentang media video berbasis tarian Lulo kreasi untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa di SMA Negeri 1 Unaaha menunjukkan bahwa media dalam bentuk video dan buku panduan sangatlah dibutuhkan oleh guru BK (2) prototipe video yang dikembangkan berbentuk video dan buku panduan, menggunakan aplikasi Adobe primer pro, vegas pro dengan format MP4 dengan resolusi video 1280/720Fps. Durasi wwaktu 15 menit (3) validitas dan kepraktisan media video berbasis tarian Lulo kreasi untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa di SMA Negeri 1 Unaaha telah dinyatakan valid dan praktis untuk dapat digunakan guru BK dalam memberikan layanan sosial utamanya dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa, berdasarkan uji akseptabilitas yang meliputi kegunaan, kelayakan dan ketepatan Kata kunci: media video, tarian tradisional, tarian Lulo, keterampilan sosial, siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BIMBINGAN DAN KONSELING - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 08 Oct 2019 01:56
Last Modified: 08 Oct 2019 01:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15098

Actions (login required)

View Item View Item