EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN METODE THE LEARNING CELL SETTING COOPERATIVE PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 16 MAKASSAR

Hamzah, Hasmuran (2019) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN METODE THE LEARNING CELL SETTING COOPERATIVE PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 16 MAKASSAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
4. Jurnal.pdf

Download (337kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Hasmuran Hamzah. 2019. Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Metode The Learning Cell Setting Cooperative Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Makassar (dibimbing oleh Abdul Rahman dan Awi Dassa). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan penerapan metode the learning cell setting cooperative pada siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Makassar. Jenis Penelitian yang digunakan adalah mix-methode dengan pendekatan kuantitatifkualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 16 Makassar dan sampel yakni kelas VIII3 sebagai kelas eksperimen yang diplih menggunakan teknik simple random sampling. Data yang dikumpulkan terdiri dari data hasil belajar peserta didik, data aktivitas peserta didik dalam pembelajaran, dan data respons peserta didik terhadap pembelajaran. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar matematika peserta didik pada pembelajaran dengan penerapan metode the learning cell setting cooperative pada siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Makassar berada pada kategori tinggi. Berdasarkan data hasil belajar matematika peserta didik pada pre-test bahwa nilai mean 55,85 dan deviasi standar 9,64, sedangkan pada post-test bahwa nilai mean 82,35 dan deviasi standar 5,44, tingkat ketuntasan secara klasikal pada pre-test sebesar 10% yang mencapai kriteria ketuntasan minimum sedangkan pada post-test sebesar 100% dalam kategori tuntas, rata-rata gain ternormalisasi berada pada kategori sedang. Aktivitas peserta didik dalam pembelajaran minimal berada pada kategori sangat baik dengan skor 94,5. Sedang respons peserta didik terhadap penerapan metode the learning cell setting cooperative minimal berada pada kategori positif dengan skor rata-rata 94,68%. Secara umum disimpulkan bahwa penerapan metode the learning cell setting cooperative efektif diterapkan pada materi relasi dan fungsi peserta didik SMP Negeri 16 Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 08 Oct 2019 01:31
Last Modified: 08 Oct 2019 01:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15095

Actions (login required)

View Item View Item