PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SPARKOLVIDEOSCRIBE MATA KULIAH KOMPUTER PEMBELAJARAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR

Rusmawati, Rusmawati (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SPARKOLVIDEOSCRIBE MATA KULIAH KOMPUTER PEMBELAJARAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
01 TESIS.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rusmawati, 2018 Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe Mata Kuliah Komputer Pembelajaran FKIP Unismuh Makassar. (Dibimbing oleh: Anas Arfandi dan Iriana Tangking. Mangesa.) Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pada mata kuliah komputer pembelajaran yang valid, praktis dan efektif digunakan di Universitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D. Pengembangan media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe Mata Kuliah Komputer Pembelajaran FKIP Unismuh Makassar. Dilakukan beberapa tahapan: (1) analisis kebutuhan (2) Desain pembelajaran, (3) Produksi/pengembangan media, (4) Validasi ahli, (5) Revisi, dan (6) Uji coba produk.. Pengujian media dilakukan dengan uji kevalidan, uji kepraktisan dan uji keefektifan. Hasil pengujian oleh validasi ahli menunjukkan bahwa valid digunakan. Subjek penelitian pengujian kepraktisan adalah 30 responden. Hasil pengujian diperoleh beberapa tanggapan dengan kategori sangat praktis terhadap penggunaan media. Keseluruhan hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa aplikasi valid, praktis dan efektif serta sangat layak untuk digunakan pada situasi dan kondisi pembelajaran mahasiswa FKIP Unismuh Makassar. Kata Kunci : sparkol videoscribe, media pembelajaran, FKIP Unismuh Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 08 Oct 2019 01:27
Last Modified: 08 Oct 2019 01:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15094

Actions (login required)

View Item View Item