Perbandingan Kesadaran Metakognitif Dan Hasil Belajar Kognitif Dengan Menggunakan Pembelajaran Inkuiri Terintegrasi Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Dan PBI IPA Siswa SMK Negeri 1 Somba Opu Kabupaten Gowa

Hermayanti, Hermayanti (2014) Perbandingan Kesadaran Metakognitif Dan Hasil Belajar Kognitif Dengan Menggunakan Pembelajaran Inkuiri Terintegrasi Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Dan PBI IPA Siswa SMK Negeri 1 Somba Opu Kabupaten Gowa. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Hermayanti.docx

Download (17kB)

Abstrak Hermayanti, 2012. Perbandingan Kesadaran Metakognitif Dan Hasil Belajar Kognitif IPA Dengan Menggunakan Pembelajaran Inkuiri Terintegrasi Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Dan PBI Siswa SMK Negeri 1 Somba Opu Kabupaten Gowa. Tesis. Jurusan Biologi, Pascasarjana, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Yusminah Hala dan Muhammad Danial). Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui kesadaran metakognitif siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran Inkuiri integrasi kooperatif Jigsaw pada SMK Negeri 1 Somba Opu Kabupaten Gowa. (2) mengetahui hasil belajar kognitif IPA siswa yang diajar dengan pembelajaran Inkuiri integrasi kooperatif Jigsaw pada SMK Negeri 1 Somba Opu Kabupaten Gowa. (3) mengetahui kesadaran metakognitif siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran Inkuiri integrasi PBI pada SMK Negeri 1 Somba Opu Kabupaten Gowa. (4) mengetahui hasil belajar kognitif IPA siswa yang diajar dengan pembelajaran Inkuiri integrasi PBI pada SMK Negeri 1 Somba Opu Kabupaten Gowa. (5) mengetahui perbedaan kesadaran metakognitif siswa yang diajar dengan pembelajaran Inkuiri integrasi kooperatif Jigsaw dengan pembelajaran Inkuiri integrasi PBI pada SMK Negeri 1 Somba Opu kabupaten Gowa. (6) mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif IPA siswa yang diajar dengan pembelajaran Inkuiri integrasi kooperatif Jigsaw dengan pembelajaran Inkuiri integrasi PBI pada SMK Negeri 1 Somba Opu kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (kuasi eksperimen). Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Somba Opu Kabupaten Gowa dengan mengambil dua kelas sebagai subjek penelitian yaitu kelas X TKJA dengan jumlah siswa 30 orang sebagai kelas eksperimen I yang diajar menggunakan pembelajaran inkuiri integrasi kooperatif jigsaw dan kelas X TKJB dengan jumlah siswa 33 orang sebagai kelas eksperimen II yang diajar menggunakan metode inkuiri integrasi PBI. Data penelitian diperoleh melalui pemberian tes hasil belajar setelah materi diajarkan. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai kesadaran metakognitif pada kelas eksperimen I (inkuiri-jigsaw) berada pada kategori berkembang sangat baik dengan nilai rata-rata posttest 84,23. (2) nilai hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen I (inkuiri-jigsaw) dikategorikan cukup dengan nilai rata-rata setelah posttest 77.77. (3) nilai kesadaran metakognitif pada kelas eksperimen I (inkuiri-PBI) berada pada kategori berkembang baik dengan nilai rata-rata posttest 79,82. (4) ) nilai hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen II (inkuiri-PBI) dikategorikan cukup dengan nilai rata-rata setelah posttest 71.12. (5) Terdapat perbedaan antara kesadaran metakognitif siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran inkuiri integrasi kooperatif jigsaw dengan yang diajar dengan menggunakan pembelajaran inkuiri integrasi PBI pada materi bumi kelas X SMK Negeri I Somba Opu Kabupaten Gowa, dengan taraf sig 0.010 < α (0,05). (6) Terdapat perbedaan antara hasil belajar kognitif siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran inkuiri integrasi kooperatif jigsaw dengan yang diajar dengan menggunakan pembelajaran inkuiri integrasi PBI pada materi bumi kelas X SMK Negeri I Somba Opu Kabupaten Gowa, dengan taraf sig sig (2-tailed) 0.006 < α (0,05). Hasil analisis statistik inferensial pada kesadaran metakognitif dengan uji t dimana nilai p≤0.05 yaitu p= 0.010 maka H1 diterima dan H0 ditolak. Sedangkan pada hasil belajar kognitif pada dengan uji t dimana nilai p≤0.05 yaitu p= 0.006 maka H1 diterima dan H0 ditolak. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Terdapat perbedaan antara kesadaran metakognitif dan hasil belajar kognitif siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran inkuiri integrasi kooperatif jigsaw dengan yang diajar dengan menggunakan pembelajaran inkuiri integrasi PBI pada materi bumi kelas X SMK Negeri I Somba Opu Kabupaten Gowa. Kata kunci: pembelajaran inquiri yang diintegrasikan dengan model koperatif jigsaw dan PBI , Kesadaran metakognitif dan Hasil belajar kognitif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > BIOLOGI - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Dec 2016 07:13
Last Modified: 05 Dec 2016 07:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1509

Actions (login required)

View Item View Item