PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN, BERPIKIR DIVERGEN, IKLIM KELUARGA, DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMAN 3 SINJAI

Amir, Alim Alqadri (2019) PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN, BERPIKIR DIVERGEN, IKLIM KELUARGA, DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMAN 3 SINJAI. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL v6.pdf

Download (701kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Alim Alqadri Amir, 2019. Pengaruh tipe kepribadian, berpikir divergen, iklim keluarga dan motivasi terhadap prestasi belajar matematika siswa SMAN 3 Sinjai. Skripsi. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Prof. Dr.Hamzah Upu,M.Ed, dan Nasrullah,S.Pd.,M.Pd. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh antara tipe kepribadian, berpikir divergen, iklim keluarga, dan motivasi terhadap prestasi belajar matematika siswa SMAN 3 Sinjai. Sampel dipilih secara acak dari populasi sebanyak dua kelas dari tiga kelas XI SMAN 3 Sinjai. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket dan tes. Data tersebut dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian secara deskriptif diperoleh (1) Prestasi belajar matematika siswa berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata 66.48 , (2) Tipe kepribadian siswa lebih cenderung kepada kepribadian introvert, (3) Berpikir divergen berada pada kategori rendah dengan skor rata-rata 64.28, (4) Iklim keluarga berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 68.65, (5) Motivasi berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 76.59. Secara inferensial diperoleh bahwa berpikir divergen dan iklim keluarga berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika siswa baik secara langsung maupun dengan melibatkan variabel motivasi. Hal ini didukung dengan terdapat pengaruh positif motivasi terhadap prestasi belajar matematika siswa. Namun, tipe kepribadian tidak berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika siswa. Kata kunci : Tipe Kepribadian, Berpikir Divergen, Iklim Keluarga, Motivasi, Pretasi Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Oct 2019 03:06
Last Modified: 04 Oct 2019 03:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15074

Actions (login required)

View Item View Item