PENGARUH PEMBELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 SINJAI

Sudirman, Nurul Reski (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 SINJAI. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
Jurnal Nurul Reski Sudirman.pdf

Download (360kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurul Reski Sudirman. 2019. Pengaruh Pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 1 Sinjai. Skripsi Fakultas Ilmu Sosial, Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Ibu Risma Niswaty dan Bapak Muhammad Darwis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran produk kreatif dan kewirausahaan, minat berwirausaha siswa dan pengaruh pembelajaran produk kreatif dan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI kompetensi keahlian otomatisasi tata kelola perkantoran di SMK Negeri 1 Sinjai. Maka dari itu, untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, angket, wawancara serta dokumentasi dengan jumlah populasi sebanyak 140 orang dan sampel sebanyak 65 orang. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dengan menggunakan persentase dan untuk teknik analisis statistik inferensial menggunakan uji normalitas data, analisis korelasi product moment, dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran produk kreatif dan kewirausahaan dalam kategori sangat baik, hal ini ditinjau dari indikator: 1) mengajarkan keterampilan-keterampilan berwirausaha, 2) mengajarkan karakteristik wirausaha, dan 3) memberi kesempatan berkreasi dan berinovasi. Untuk minat berwirausaha siswa Kompetensi Keahlian otomatisasi tata kelola perkantoran kelas XI di SMK Negeri 1 Sinjai dalam kategori sangat baik, ditinjau dari indikator: 1) Perasaan senang, 2) perhatian, 3) kesadaran, dan 4) kemauan. Berdasarkan analisis uji korelasi product moment dinyatakan ada pengaruh yang positif dan signifikan pembelajaran produk kreatif dan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI Kompetensi Keahlian otomatisasi tata kelola perkantoran kelas XI di SMK Negeri 1 Sinjai, sebesar 26,7 persen dinyatakan diterima dengan tingkat pengaruh rendah. Dari hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran produk kreatif dan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI Kompetensi Keahlian otomatisasi tata kelola perkantoran kelas XI di SMK Negeri 1 Sinjai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Oct 2019 05:51
Last Modified: 03 Oct 2019 05:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15067

Actions (login required)

View Item View Item