Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS SD Inpres Kecamatan Tallo Kota Makassar

Rubianto, Rubianto (2015) Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS SD Inpres Kecamatan Tallo Kota Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Rubianto.docx

Download (13kB)

ABSTRAK Rubianto, 2015. Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS SD Inpres Kecamatan Tallo Kota Makassar.(dibimbing oleh Muchtar Yunus dan Andi Makkasau) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penguasaan kompetensi guru terutama pada aspek kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional dan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui gambaran kompetensi pedagogik guru di SD Inpres Kecamatan Tallo Kota Makassar, (2) mengetahui gambaran kompetensi profesional guru di SD Inpres Kecamatan Tallo Kota Makassar, (3) mengetahui gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SD Inpres Kecamatan Tallo Kota Makassar, dan (4) menjelaskan pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SD Inpres Kecamatan Tallo Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah Survey yang bersifatverifikatif (penelitian penjelasan)atau comfirmation research. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas IV, V, dan VI SD Inpres Gugus IV Kecamatan Tallo Kota Makassar tahun pelajaran 2015/2016 yang diambil dengan menggunakan random sampling. Instrumen yang digunakan Angket, Wawancara, Dokumentasi, dan tes hasil belajar IPS kelas IV, V, dan VI. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1)Guru di SD Inpres Kecamatan Tallo Kota Makassar memiliki: kompetensi pedagogik dengan kategori tinggi, dankompetensi profesional dengan kategori tinggi; (2) Rata-rata hasil belajar mata pelajaran IPS siswa berada pada kategori sedang; (3) Kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa; (4) Besar pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional terhadap hasil belajar siswa yaitu 22,2 %.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Ilmu Pengetahuan sosial
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Dec 2016 03:49
Last Modified: 05 Dec 2016 03:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1506

Actions (login required)

View Item View Item