ANALISIS DAMPAK KEHADIRAN MINIMARKET TERHADAP OMSET PEDAGANG WARUNG KELONTONG DI JALAN MANURUKI MAKASSAR

Miranti, Miranti (2019) ANALISIS DAMPAK KEHADIRAN MINIMARKET TERHADAP OMSET PEDAGANG WARUNG KELONTONG DI JALAN MANURUKI MAKASSAR. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL MIRANTI (1594041030).pdf

Download (492kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Miranti. 2019. “Analisis Dampak Kehadiran Minimarket Terhadap Omset Pedagang Warung Kelontong Di Jalan Manuruki Makassar”. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Prof.Dr. H. Thamrin Tahir.,M.Si dan Muhammad Hasan, S.Pd., M.Pd) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak kehadiran minimarket terhadap omset pedagang warung kelontong di jalan Manuruki Makassar, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perubahan omset penjualan warung kelontong akibat adanya minimarket dan strategi pedagang warung kelontong dalam menghadapi dampak keberadaan minimarket di jalan Manuruki Makassar. Penelitian ini tergolong kualitatif. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah pedagang warung kelontong dan konsumen di jalan Manuruki Makassar. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari sumber pertama dengan cara wawancara langsung dengan para pedagang warung. Data sekunder merupakan sumber data yang dapat memberikan informasi atau data tambahan yang dapat memperkuat data pokok baik berupa konsumen atau benda seperti majalah, buku, koran dan lain-lain. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, wawancara langsung dengan pihak terkait. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kehadiran minimarket memberi dampak negatif terhadap omset pedagang warung kelontong di jalan Manuruki Makassar. Pelayanan, lokasi yang dekat pemukiman, barang dagangan yang lebih lengkap serta perubahan gaya hidup membuat konsumen lebih tertarik berbelanja di minimarket dibanding di warung kelontong. Faktor modal yang kecil juga mengharuskan pedagang warung berjualan seadanya hal tersebut berpengaruh terhadap kelangsungan warung kelontong Kata Kunci: Omset, Minimarket, Pedagang Warung Kelontong

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Oct 2019 06:07
Last Modified: 02 Oct 2019 06:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15054

Actions (login required)

View Item View Item