PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK PROGRAM REMEDIAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII MTs NEGERI 1 SIDENRENG RAPPANG

SINAR., JUSMARIANI ASIRI (2019) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK PROGRAM REMEDIAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII MTs NEGERI 1 SIDENRENG RAPPANG. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
Artikel_Jusmariani Asiri Sinar_PPs UNM.pdf

Download (304kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK JUSMARIANI ASIRI SINAR. 2019. Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Program Remedial dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VIII MTs Negeri 1 Sidenreng Rappang (dibimbing oleh Nurdin Arsyad dan Rahmat Syam). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif untuk program remedial dalam pembelajaran matematika di MTs Negeri 1 Sidenreng Rappang. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan pada penelitian dan pengembangan ini adalah format validasi, lembar observasi aktivitas siswa dan keterlaksanaan pembelajaran, angket respons guru dan siswa, serta tes ulangan remedial. Hasil analisis dari penelitian dan pengembangan ini yaitu 1) validasi oleh 2 ahli media diperoleh skor rata-rata kevalidan 3,5 dengan kriteria “Valid, Revisi sesuai saran”. Validasi oleh 2 ahli materi diperoleh rata-rata nilai kevalidan 3,8 dengan kriteria “Valid, Revisi sesuai saran”. Sedangkan Validasi oleh Praktisi diperoleh skor rata-rata kevalidan 4,4 dengan kriteria “Sangat Valid, Tanpa Revisi”. Karena ketiga aspek tersebut telah memenuhi minimal kriteria “Valid”, maka multimedia interaktif untuk program remedial dinyatakan “Layak” untuk diujicobakan. 2) hasil analisis angket respons guru diperoleh skor rata-rata keseluruhan aspek yaitu 4,3 dengan kriteria “Sangat Baik”, sedangkan hasil analisis observasi keterlaksanaan pembelajaran diperoleh persentase keterlaksanaan pembelajaran 91,7 % dengan kriteria “Sangat Baik”. Karena kedua aspek kepraktisan tersebut memenuhi kriteria “Sangat Baik”, maka multimedia interaktif untuk program remedial dinyatakan “Praktis”. 3) hasil analisis angket respons siswa terhadap pembelajaran remedial diperoleh skor rata-rata 4,7 dengan kriteria “Sangat Baik”. Hasil analisis lembar observasi aktivitas siswa diperoleh persentase aktivitas siswa pada pertemuan pertama 68,3 % dengan kriteria “Baik” dan meningkat pada pertemuan kedua sebesar 87,8%. Sedangkan hasil analisis tes ulangan remedial siswa diperoleh nilai rata-rata siswa 75, dan ketuntasan klasikal sebesar 89%. Karena ketiga aspek tersebut telah terpenuhi sehingga multimedia interaktif untuk program remedial “Efektif”. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif untuk program remedial yang dikembangkan berkualitas karena telah memenuhi kriteria “Valid”, “Praktis”, dan “Efektif”. Kata Kunci: multimedia interaktif, program remedial, pembelajaran matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Oct 2019 03:16
Last Modified: 02 Oct 2019 03:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15052

Actions (login required)

View Item View Item