PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII SMP NEGERI 13 MAKASSAR

SUHERMAN, RIFKA HERDIANTY (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII SMP NEGERI 13 MAKASSAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
4 JURNAL.pdf

Download (348kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK RIFKA HERDIANTY SUHERMAN. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII SMP Negeri 13 Makassar. (Dibimbing oleh Nurhayati B dan Muhammad Wiharto). Tujuan dari penelitian ini adalah (i) untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Inkuiri terbimbing dan model konvensional pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII SMPN 13 Makassar; (ii) untuk mengetahui hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Inkuiri terbimbing dan model konvensional pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII SMPN 13 Makassar; (iii) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri terbimbing terhadap motivasi belajar peserta didik pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII SMPN 13 Makassar. (iv) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII SMPN 13 Makassar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif berdesain Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Makassar tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri atas sepuluh robongan belajar pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik simple random sampling kemudian didapatkan dua rombongan belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik Independent Samples T-Test dengan bantuan program SPSS versi 20.0 for windows, sebelum dilakukan uji hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) motivasi belajar peserta didik meningkat setelah dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing; (ii) motivasi belajar peserta didik meningkat setelah dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional; (iii) hasil belajar peserta didik meningkat setelah dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing; (iv) hasil belajar peserta didik meningkat setelah dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional; (v) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap motivasi belajar peserta didik; (vi) terdapat pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik. Kata kunci: Inkuiri Terbimbing, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Oct 2019 02:37
Last Modified: 02 Oct 2019 02:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15051

Actions (login required)

View Item View Item