ANALISIS PELATIHAN DAN PENDIDIKAN TERHADAP TINGKAT PARTISIPASI ANGGOTA KOPERASI MAHASISWA “ALMAMATER” UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Rukmana, Andi Titin (2019) ANALISIS PELATIHAN DAN PENDIDIKAN TERHADAP TINGKAT PARTISIPASI ANGGOTA KOPERASI MAHASISWA “ALMAMATER” UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Andi Titin Rukmana, 2019. Analisis Pelatihan dan Pendidikan terhadap Tingkat Partisipasi Anggota Koperasi Mahasiswa “Almamater” Universitas Negeri Makassar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Makassar. Pembimbing : Mustari dan Rahmatullah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelatihan dan pendidikan terhadap tingkat partisipasi anggota Koperasi Mahasiswa “Almamater” Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu dengan menjelaskan dan menguraikan hasil penelitian dalam bentuk tulisan. Dimana subjek dan informan dalam penelitian ini adalah pengurus dan anggota Koperasi Mahasiswa “Almamater” Universitas Negeri Makassar. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya pelatihan dan pendidikan dapat meningkatkan partisipasi anggota Koperasi Mahasiswa “Almamater” Universitas Negeri Makassar, hal ini di buktikan dari hasil wawancara terhadap pengurus dan anggota yang telah mengikuti pelatihan dan pendidikan bahwa mereka sering berpartisipasi dalam hal penyertaan modal serta pengambilan keputusan seperti simpanan wajib, simpanan pokok, simpanan sukarela, transaksi, berpartisipasi pada saat RAT dan memberi saran dan kritik kepada pengurus dan sesama anggota pada saat rapat kegiatan. Hal ini di sebabkan karena anggota yang sudah mengikuti pelatihan dan pendidikan berjenjang seperti CBT (Cooperation Basic Training), CIT (Cooperation Intermediate Training), TOT (Training Of Facilitator) dan FLLT (Front Line Leader Ship) sudah paham serta sadar akan pentingnya dan manfaat berpartisipasi bagi anggota itu sendiri maupun untuk kemajuan koperasi Mahasiswa “Almamater” Universitas Negeri Makassar. Kata Kunci: Pelatihan, Pendidikan, Partisipasi Anggota.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Oct 2019 01:12
Last Modified: 02 Oct 2019 01:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15041

Actions (login required)

View Item View Item