PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASISKEMAMPUAN ANALISIS UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 3 BONE

MANARFAH, LAODE (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASISKEMAMPUAN ANALISIS UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 3 BONE. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
jurnal.pdf

Download (276kB) | Preview

Abstract

ix ABSTRAK LAODE MANARFAH 2019. Pengembangan Bahan Ajar Fisika berbasis Kemampuan Analisis untuk Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Bone, (dibimbing Oleh Kaharuddin Arafah dan Khaeruddin) Kemampuan berpikir tingkat tinggi sangatlah penting di era revolusi indutri 4.0. Kemampuan analisis merupakan salah satu diantaranya yang dapat membantu peserta didik dalam berpikir kritis. Kemampuan ini tentunya harus dikembangkan dalam proses pembelajaran untuk menunjang perkembangan peserta didik. Pembelajaran yang baik haruslah ditunjang dengan bahan ajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan bahan ajar fisika berbasis kemampuan analisis yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini ialah Penelitian dan Pengembangan menggunakan adaptasi model Borg and Gall yang terdiri dari Research and information collection, Planning, Develop, form product, Preliminary field testing, Product revision, Main field testing, Final product dan Disseminate. Produk yang dikembangkan kemudian dituangkan dalam bentuk buku guru, buku perseta didik, dan media simulasi. Produk dalam penelitian ini kemudian diuji cobakan pada peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 3 Bone.Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi kategori valid dengan nilai koefisien validitas Vc=1,00. Kepraktisan penggunaan bahan ajar ini diukur melalui respon peserta didik dan respon guru, dimana respon yang diberikan berupa respon positif. Efektivitas penggunaan bahan ajar fisika berbasis kemampuan analisis yang dikembangkan dilihat dari tes kemampuan analisis peserta didik yang berada pada kategori sangat tinggi. Hal ini ditunjukkan oleh hasil tes kemampuan analisis peserta didik yang mencapai KBM sebesar 82,35%. Kata Kunci: bahan ajar, kemampuan analisis, model pengembangan Borg and Gall,

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 01 Oct 2019 05:02
Last Modified: 01 Oct 2019 05:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15023

Actions (login required)

View Item View Item