MANAJEMEN PEMBELAJARAN METODE TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA YPLP PGRI 2 TAMALATE

Ismawati. M, Ismawati. M (2019) MANAJEMEN PEMBELAJARAN METODE TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA YPLP PGRI 2 TAMALATE. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (215kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran manajemen pembelajaran mtode tutor sebaya dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA YPLP PGRI 2 Tamalate serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya. Jenis penelitian ini tergolong penelitian kualitatif. dengan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran manajemen pembelajaran metode tutor sebaya dalam meningkatkan motivasi belajar siswa terbagi atas tiga fokus yang terdiri dari (1). Perencanaan dengan indikator ketersediaan perangkat pembelajaran guru, pemberian motivasi, penjabaran tugas dan penentuan tutor dan tutte berjalan sesuai dengan sebagaimana mestinya adanya pemahaman tentang arah pembelajaran tentunya dapat menimbulkan motivasi bagi siswa dalam mengikuti pembelajaran di sekolah. (2). Pelaksanaan dengan indikator kegiatan pembelajaran dengan pembentukan kelompok belajar, pembimbingan oleh tutor ke tutte serta pemantauan kegiatan dari guru terhadap jalannya kegiatan menunjukkan siswa aktif lebih dominan dibanding pasif, keakitifan siswa menunjukkan adanya peningkatan motivasi dalam mengikuti pembelajaran (3). Evaluasi dengan indikator penilaian hasil kegiatan pembelajaran, pemberian motivasi dan penentuan tindak lanjut proses pembelajaran dilaksanakan guru dengan sebaik mungkin dan bagi siswa yang masih memiliki kendala tetap mendapat pengarahan dan bimbingan dari guru serta melakukan program remedial. Faktor pendukung terdiri dari lingkungan tempat tinggal siswa dan semangat siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sedangkan untuk faktor penghambat yang terjadi ditangani dengan sebaik mungkin. Keseluruhan tahapan dilaksanakan sesuai dengan aturan dan memperhatikan kondisi siswa, sehingga manajemen pembelajaran metode tutor sebaya dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dapat dikatakan berjalan dengan baik. Kata kunci : Manajemen pembelajaran, metode tutur sebaya, motivasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 01 Oct 2019 04:22
Last Modified: 01 Oct 2019 04:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15021

Actions (login required)

View Item View Item