Hubungan Kinerja Guru dan Minat dengan Hasil Belajar Fisika Pada Peserta Didik Di SMA Negeri Se-Kabupaten Maros

BASRI, SYAMSURIANA (2014) Hubungan Kinerja Guru dan Minat dengan Hasil Belajar Fisika Pada Peserta Didik Di SMA Negeri Se-Kabupaten Maros. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
SYAMSURIANA BASRI..docx

Download (14kB)

ABSTRAK SYAMSURIANA BASRI. 2014. Hubungan Kinerja Guru dan Minat dengan Hasil Belajar Fisika Pada Peserta Didik Di SMA Negeri Se-Kabupaten Maros. (Dibimbing oleh M. Sidin Ali dan Rahmini Hustim) Penelitian ini bertujuan: (1) mendapatkan gambaran tentang kinerja guru fisika, minat belajar, dan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI SMA Negeri se-Kabupaten Maros, (2) mengetahui hubungan antara kinerka guru fisika dengan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI SMA Negeri se-Kabupaten Maros, (3) mengetahui hubungan antara minat belajar fisika dengan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI SMA Negeri se-Kabupaten Maros, (4) mengetahui hubungan antara kinerja guru fisika, dan minat belajar fisika dengan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI SMA Negeri se-Kabupaten Maros. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto yang bersifat korelasional dengan ukuran populasi 1199 orang dan ukuran sampel 310 orang. Teknik penarikan sampel adalah area proporsional random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial Data dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi dan regresi bantuan fasilitas IBM SPSS Statistic 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kinerja guru berdasarkan persepsi peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri se-Kabupaten Maros secara umum berada pada kategori tinggi, (2) minat belajar fisika peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri se-Kabupaten Maros secara umum berada pada kategori tinggi, (3) hasil belajar fisika peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri se-Kabupaten Maros berada pada kategori sedang, (4) terdapat hubungan positif yang signifikan antara kinerja guru fisika dengan hasil belajar fisika pada peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri se-Kabupaten Maros (5) terdapat hubungan positif yang signifikan antara minat belajar fisika dengan hasil belajar fisika pada peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri se-Kabupaten Maros (6) terdapat hubungan positif yang signifikan antara kinerja guru fisika, minat belajar fisika dengan hasil belajar fisika pada peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri se-Kabupaten Maros.   ABSTRACT SYAMSURIANA BASRI. 2014. The Correlation of Teaches’ Performance and Student’s Interest and Learning Result in Learning Physics at SMAN in Maros district (supervised by M. Sidin Ali and Rahmini Hustim). The study aims at examining (1) the teaches’ performance, students interest, and learning result in learning Phisics in class XI at SMAN in Maros district, (2) the correlation between the performance of Physics teaches’ and student’s learning result in learning Physics in class XI at SMAN in Maros, (3) the correlation between student’s interest and learning result in learning Physics in class XI at SMAN in Maros district, and (4) the correlation of teaches’ performance and student’s learning result in learning Physics in class XI at SMAN in Maros district. The study is an ex post facto with correlation. The population was 1199 people and the samples were 310 people. Samples were chosen by employing area proportional random sampling. Data were collected using questionnaire and test of learning result. Data were analized using descriptive analysis and inferential data analysis with correlation analysis and regression supported by IBM SPSS statistics version 20. The results of the study indicate that (l) teaches’ performance based on students’ perception in class XI IPA at SMAN in Maros is in high category, (2) students’ learning interest in class XI IPA at SMAN in Maros is in high category, (3) physics learning result in class XI IPA at SMAN in Maros is in medium category, (4) there are significant positive correlation between physics teachers’ performance and students’ learning result in learning physics in class XI IPA at SMAN in Maros district, (5) there are significant positive correlation between learning interest and learning result of students’ in class XI IPA at SMAN in Maros, and (6) there are significant positive correlation between teachers’ performance, students’ learning interest and learning result in class XI IPA at SMAN in Maros district.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > FISIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Dec 2016 03:07
Last Modified: 05 Dec 2016 03:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1502

Actions (login required)

View Item View Item