Peningkatan Aktivitas, Minat dan Hasil Belajar Fisika melalui Pendekatan Belajar Tuntas dengan Modul (PTK pada Peserta Didik Kelas XA SMA Negeri 1 Tondon Toraja Utara)

Karaeng, Sujianta (2014) Peningkatan Aktivitas, Minat dan Hasil Belajar Fisika melalui Pendekatan Belajar Tuntas dengan Modul (PTK pada Peserta Didik Kelas XA SMA Negeri 1 Tondon Toraja Utara). S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Sujianta Karaeng.docx

Download (16kB)

ABSTRAK Sujianta Karaeng.2014. Peningkatan Aktivitas, Minat dan Hasil Belajar Fisika melalui Pendekatan Belajar Tuntas dengan Modul (PTK pada Peserta Didik Kelas XA SMA Negeri 1 Tondon Toraja Utara). (Dibimbing oleh Muris dan Nurhayati). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), yag meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Tindakan dilakukan untuk meningkatkan aktivitas belajar, minat terhadap fisika, dan hasil belajar fisika melalui pendekatan belajar tuntas dengan modul yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tondon Kabupaten Toraja Utara kelas XA. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan menghitung skor total, dan rata-rata kelas. Hasil analisis deskriptif dikelompokkan ke dalam kategori sangat rendah, rendah, sedang, tinggi, dan sangat tinggi begitupun dengan skala minat terhadap fisika dikelompokkan dengan kategori sangat setuju, setuju, ragu-ragu, tidak setuju, sangat tidak setuju dan mengacu pada tabel distribusi frekuensi. Pengambilan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan aktivitas belajar peserta didik, kuesioner minat terhadap fisika dan tes hasil belajar fisika. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa peserta didik mampu mengerjakan lembar kerja dalam modul, berdiskusi atau bertanya kepada guru bila kesulitan memahami materi yang ada di modul, juga sudah interaksi berdiskusi dengan sesamanya, serta perilaku yang tidak relevan dalam pembelajaran mengalami perubahan. Minat belajar terhadap fisika peserta didik selama pembelajaran dengan pendekatan belajar tuntas melalui modul berlangsung sudah lebih baik terutama setelah siklus terakhir. Adapun semangat belajar peserta didik sudah meningkat terlihat saat bekerja dalam kelompok, akhirnya peserta didik mampu menyelesaikan tugas lebih cepat, sedangkan hasil belajar fisika pada siklus pertama rata-rata 58,5 meningkat menjadi rata-rata 65,8 pada siklus kedua dan pada siklus ketiga meningkat rata-ratanya menjadi 71,5. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pendekatan belajar tuntas melalui modul dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas belajar, minat terhadap fisika, dan hasil belajar fisika pada peserta didik kelas XA di SMA Negeri 1 Tondon Kabupaten Toraja Utara. ABSTRACT Sujianta Karaeng. 2014. The Enhancement of Activity, Interest, and LearningResult of Physics through Complete Learning Approach Using Module (PTK on Grade XA Students at SMA Negeri 1 Tondon in Toraja Utara) (supervised by Muris and Nurhayati). The study aims at examining the enhancement of learning activity, learning interest on Physics, and learning result thorugh Complete Learning Approach using module conducted in three cycles. The study in a classroom action research which consist of the planning, treatment, observation, and reflection. The study was conducted in grade XA at SMAN 1 Tondon in Toraja Utara district. Data were collected by employing observation sheet on students’ learning activity, questionnaire on interest towards Physics, and test of Physics learning result. Data analysis employed descriptive qualitative analysis by counting the total score and the mean of class. The result of descriptive analysis was grouped in the categories of extremely low, low, fair, high and extremely high, as well as the scale of interest towards Physics was grouped in the categories of extremely agree, agree, doubt, disagree, extremely disagree, and referring to frequency distribution table. The result of study reveal that the students are able to do workbook in module, able to conduct discussion or ask question to teacher when they have problems in understanding the material in the module.The students are also able to have interaction in discussionto peers and the irrelevant behavior in learning has changed. Students’ learning interest on Physics during the learning using complete learning through module was much better especially in final cycle. Learning spirit of students has also improved viewed from group work and the student finally could complete the task fast;whereas, learning result in cycle I was 58.5 improved 65.8 in cycle II, and in cycle II improved to 71.5. The conclusion based on the study is the implementation of complete learning approach using module can improve learning activity, learning interest, and learnig result on Physics of grade XA student at SMAN 1 Tondon in Toraja Utara district.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > FISIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Dec 2016 03:05
Last Modified: 05 Dec 2016 03:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1501

Actions (login required)

View Item View Item