PENGARUH NILAI TUKAR RUPIAH, INFLASI, SUKU BUNGA DAN PDB TERHADAP RETURN SAHAM SUB SEKTOR INDUSTRI ROKOK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

PASARIBU, ROSMEIDA (2019) PENGARUH NILAI TUKAR RUPIAH, INFLASI, SUKU BUNGA DAN PDB TERHADAP RETURN SAHAM SUB SEKTOR INDUSTRI ROKOK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
jURNAL MEY.pdf

Download (239kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK iv ROSMEIDA PASARIBU, 2019 “Pengaruh Nilai Tukar Rupiah, Inflasi, Suku Bunga dan PDB terhadap Return Saham Sub Sektor Industri Rokok yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia”. Skripsi, Studi Manajemen Fakulta Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh bapak Abdi Akbar dan ibu Hety Budiyanti. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh Nilai Tukar Rupiah, Inflasi, Suku Bunga dan PDB terhadap Return Saham Sub Sektor Industri Rokok yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan variabel kontrol yaitu Ukuran Perusahaan. Populasi sampel dalam penelitian ini adalah semua perusahaan Sub Sektor Industri Rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2018 yang berjumlah 4 perusahaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji asumsi klasik, uji statistik deskriptif analisis regresi berganda yaitu: uji t, uji f, dan uji determinasi. Persamaan regresi berganda menghasilkan persamaan Y = -0,258 ‒ 0,00004524X₁ ‒ 0,020X₂ + 0,055X₃ + 0,00001272X₄ + 0,013X₅. Hasil uji t menemukan bahwa bahwa secara parsial variabel Nilai Tukar Rupiah berpengaruh negatif signifikan terhadap Return Saham dengan dikontrol oleh Ukuran Perusahaan, Inflasi berpengaruh negatif signifikan terhadap Return Saham dengan dikontrol oleh Ukuran Perusahaan, Suku Bunga berpengaruh positif signifikan meski telah dikontrol dengan Ukuran Perusahaan, dan PDB berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Return Saham meski telah dikontrol dengan Ukuran Perusahaan. Hasil uji f menemukan bahwa secara simultan Nilai Tukar Rupiah, Inflasi, Suku Bunga Dan PDB berpengaruh negatif signifikan terhadap Return Saham dengan dikontrol oleh Ukuran Perusahaan. Hasil analisis Adjusted R Square sebesar 0,05% yang menunjukkan bahwa Nilai Tukar Rupiah, Inflasi, Suku Bunga dan PDB mampu memberikan kontribusi terhadap Return Saham sebesar 5,4% sementara 94,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci : Nilai Tukar Rupiah, Inflasi, Suku Bunga, PDB, Ukuran Perusahaan, Return Saham.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 01 Oct 2019 01:48
Last Modified: 01 Oct 2019 01:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15009

Actions (login required)

View Item View Item