PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PADA SISTEM RESPIRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA

Marwah, Andi Sitti (2019) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PADA SISTEM RESPIRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ANDI SITTI MARWAH.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Andi Sitti Marwah, 2019. Pengembangan alat peraga pada sistem respirasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA (dibimbing oleh Adnan dan A. Mu’nisa) Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat peraga pada sistem respirasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA yang valid, praktis dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Reiser dan Mollenda. Tahapan pengembangan alat peraga terdiri dari lima tahap yaitu: (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Alat peraga yang dikembangkn terdiri atas enam unit yaitu: (1) model paru-paru, (2) uji CO2, (3) spirometer, (4) respirasi anaerob, (5) respirometer sederhana, dan (6) KIT alat peraga. Alat peraga di uji di SMAN 09 Pangkep dengan jumlah 24 siswa pada kelas IPA 1 dan 24 siswa pada kelas IPA 2. Instrumen yang digunakan untuk menguji validitas diperoleh berdasarkan penilaian validator. Uji kefektivitas alat peraga diperoleh berdasarkan kuesioner respon peserta didik dan guru, serta uji keefektifan diperoleh dari tes evaluasi hasil belajar peserta didik. Hasil validitas dari validator berdasarkan aspek petunjuk, aspek komponen penilaian, dan aspek bahasa pada alat peraga model paru-paru diperoleh nilai rata-rata 4,42, pada alat peraga uji CO2 di peroleh nilai rata-rata 4,59, pada alat peraga spirometer di peroleh nilai rata-rata 4,44, pada alat peraga respirasi anaerob di peroleh nilai rata-rata 4,44, pada alat peraga respirometer sederhana di peroleh nilai rata-rata 4,59, dan pada KIT alat peraga diperoleh nilai rata-rata 4,42. Tes kepraktisan alat peraga berdasarkan respon peserta didik pada kelas IPA 1 diperoleh nilai rata-rata yaitu 4,28 degan kategori sangat kuat dan respon peserta didik pada kelas IPA 2 diperoleh nilai rata-rata yaitu 4,42 dengan kategori sangat kuat. Serta hasil respon guru menunjukkan nilai rata-rata respon berada pada angka 4,97 dengan kategori sangat kuat. Hasil tes efektivitas alat peraga berdasarkan tes hasil belajar peserta didik pada kelas IPA 1 dan IPA 2 100% siswa mendapatkan nilai di atas KKM 75. Keywords: alat peraga, pengembangan, dan hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Sep 2019 07:31
Last Modified: 26 Sep 2019 07:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14985

Actions (login required)

View Item View Item