HAMBATAN BELAJAR PRAKTEK MATA KULIAH TUNE UP MOTOR DIESEL PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Supriadi, Supriadi (2019) HAMBATAN BELAJAR PRAKTEK MATA KULIAH TUNE UP MOTOR DIESEL PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI SUPRIADI 1223041011.pdf

Download (359kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Supriadi, 1223041011. Hambatan Belajar Praktek Mata Kuliah Tune up Motor Diesel Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Dibimbing Oleh Bapak Faisal Amir dan Bapak H. Haruna. Penelitian ini bertujuuan untuk mengetahui: (1) faktor internal hambatan belajar mahasiswa pada mata kuliah Tune up Motor Diesel, (2) faktor eksternal hambatan belajar mahasiswa pada mata kuliah Tune up Motor Diesel, (3) hubungan antara faktor hambatan belajar internal mahasiswa dengan prestasi belajar kuliah Tune up Motor Diesel, (4) hubungan antara faktor eksternal hambatan belajar mahasiswa dengan prestasi belajar kuliah Tune up Motor Diesel, (5) sumbangan faktor hambatan belajar internal dan eksternal terhadap prestasi belajar pada mata kuliah Tune up Motor Diesel. Jenis penelitian ini adalah diskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa yang program mata kuliah Tune up Motor Diesel jurusan Pendidikan Teknik otomotif tahun ajaran 2018/2019 berjumlah 51 orang, sampel penelitian sebanyak 51 orang. Metode pengumpulan data dengan kuesioner dan dokumentasi. Tingkat validitas diketahui dengan pendapat para ahli (expert judgment), sedangkan tingkat reliabilitas diketahui dengan rumus Spearman Brown teknik belah dua ganjil-genap. Analisis data dengan teknik korelasi Product Moment, dan analisis regresi dengan tingkat signifikansi hasil analisis ditentukan sebesar 5%. Prestasi belajar dari rata-rata nilai pengetahuan dan keterampilan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Faktor internal hambatan belajar pada mata kuliah Tune up Motor Diesel dengan skor paling rendah adalah kesiapan dengan skor 65,24%, (2) Faktor eksternal hambatan belajar pada mata kuliah Tune up Motor Diesel dengan skor paling rendah adalah faktor masyarakat dengan skor 55,44%, (3) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara Faktor internal hambatan belajar dengan prestasi belajar pada mata kuliah Tune up Motor Diesel dengan koefisien korelasi sebesar 0,893%, (4) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara Faktor eksternal hambatan belajar dengan prestasi belajar pada mata kuliah Tune up Motor Diesel dengan koefisien korelasi sebesar 0,904%, (5) sumbangan dari factor eksternal hambatan belajar lebih besar daripada dari segi internal pada mata kuliah Tune up Motor Diesel, Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar dengan koefisien regresi masing-masing 0,887 dan 1,055. Kata kunci: hambatan belajar,Tune up Motor Diesel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Otomotif
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Sep 2019 05:09
Last Modified: 26 Sep 2019 05:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14983

Actions (login required)

View Item View Item