Peningkatan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Sains Fisika melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Peserta Didik Kelas VIII MTs. PPTQ. Assa’adah Kab. Maros

Sapiah, Sapiah (2016) Peningkatan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Sains Fisika melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Peserta Didik Kelas VIII MTs. PPTQ. Assa’adah Kab. Maros. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Sapiah.docx

Download (21kB)

Abstract

ABSTRAK Sapiah. Peningkatan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Sains Fisika melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Peserta Didik Kelas VIII MTs. PPTQ. Assa’adah Kab. Maros.(dibimbing oleh Muris dan Aisyah Azis). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing pada peserta didik kelas VIII MTs.PPTQ. Assa’adah Kab. Maros pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 16 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus yang terdiri dari empat kegiatan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi, angket dan tes akhir pada akhir siklus I dan siklus II. Data yang terkumpul, dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah 1) hasil belajar aspek kognitif peserta didik mencapai 85 % secara klasikal dan memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM ≥ 65), dan 2) aktivitas belajar peserta didik memenuhi ketercapaian 80 % secara rata-rata. Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Hasil belajar ABSTRACT Sapiah. Increased Results Learning And Activity Learning Science of Physics Through Teaching Guided Inquiry Approach In Grade VIII at MTs.PPTQ.Assa’adah In Maros (supervised Muris dan Aisyah Azis)This research is a classroom action research that aims to improve the results learning and activity learning, as well as the learning outcomes of students in response to class VIII MTs.PPTQ.Assa’adah Maros district in the second semester of academic year 2013-2014 which consisted of 16 students. This study carried out 2 cycle consisting of four activities, namely planning, action, observation and reflection. collection by the end of the observation sheet and test cycle I and cycle II. The indicators of success were students’ 1) results learning fulfilled 85 % of completeness classically and fulfilled the criteria of minimal ≥ 65 and 2) activities learning students’ fulfilled 80 % of achievement in the average.Collected, analyzed by descriptive quantitative and qualitative. based on the results of this study concluded that the teaching of physics through teaching guided inquiry Approach can improve the results learning, activity learning and learner response class VIII MTs.PPTQ.Assa’adah in Maros. Keywords: guided inquiry approach, results learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > FISIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Dec 2016 02:59
Last Modified: 05 Dec 2016 02:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1498

Actions (login required)

View Item View Item