Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) (Studi Pada Kelas Akselerasi I SMPN 2 Unggulan Maros)

Ariany, Rizka (2014) Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) (Studi Pada Kelas Akselerasi I SMPN 2 Unggulan Maros). Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Rizka Ariany.docx

Download (14kB)

Abstract

ABSTRAK Rizka Ariany. Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) (Studi Pada Kelas Akselerasi I SMPN 2 Unggulan Maros) (dibimbing oleh Muris dan Sudarto) Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan meningkatkan aktivitas belajar dan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada kelas akselerasi I SMPN 2 Unggulan Maros pada semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 23 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat kegiatan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar pengamatan dalam proses pembelajaran serta tes keterampilan berpikir kritis dan angket respon pada akhir siklus I dan siklus II. Data yang terkumpul, dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Untuk siklus I diperoleh persentase total aktivitas belajar peserta didik menggunakan SPPKB sebesar 61,5% dan persentase kategori tinggi dan sangat tinggi untuk keterampilan berpikir kritis peserta didik sebesar 91,3%. Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase total aktivitas belajar peserta didik menggunakan SPPKB sebesar 76% dan persentase kategori tinggi dan sangat tinggi untuk keterampilan berpikir kritis peserta didik sebesar 91,3%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA fisika melalui Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) dapat meningkatkan aktivitas belajar dan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas akselerasi I SMPN 2 Unggulan Maros. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB), Aktivitas Belajar, Keterampilan Berpikir Kritis, Penelitian Tindakan Kelas ABSTRACT RIZKA ARIANY. 2014. Efforts in Improving Learning Activity and Critical Thinking Skills of Students through the Implementation of Enhanced Thinking Skills Learning Strategies (Study in Accelerated Class I at SMPN 2 Unggulan Maros) (supervised by Muris and Sudarto). The study is a classroom action research which aims at improving learning activities and critical thinking skills of students in accelerated class I at SMPN 2 Unggulan Maros of the first semester of academic year 2013/2014 which consisted of 23 students. The study was conducted in two cycles consisted of four activities, namely the planning, action, observation, and reflection. Data were collected using observation sheet for learning process, test of critical thinking skills, and questionnaire of students responses which were given at the end of cycle I and cycle II. Data were analyzed by employing descriptive quantitative and qualitative. Cycle I obtained the total percentage of students learning activities using SPPKB by 61.5% in high category and students critical thinking ability was 91.3% in extremely high category; whereas cycle II obtained the total percentage of students learning activities using SPPKB by 76% in high category and students critical thinking ability was 91.3% in extremely high category. The conclusion of the study is learning Physics through enhanced thinking skill learning strategy can improve learning activity and students critical thinking skills in accelerated class I at SMPN 2 Unggulan Maros. Keywords: enhanced thinking skills learning strategy, learning activity, critical thinking skills, classroom action research

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > FISIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Dec 2016 02:54
Last Modified: 05 Dec 2016 02:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1497

Actions (login required)

View Item View Item