PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 CAMPALAGIAN

Dachyang 1), Mursalin (2019) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 CAMPALAGIAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Jurnal Mursalin Dachyang, S.Pd., M.Pd..pdf

Download (522kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian yang dilaksanakan pada peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 1 Campalagian bertujuan mendeskripsikan gambaran kemandirian belajar, kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika; menganalisis pengaruh langsung kemandirian belajar terhadap hasil belajar fisika; kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar fisika; kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis; dan menganalisis pengaruh tidak langsung kemandirian belajar terhadap hasil belajar fisika melalui kemampuan berpikir kritis. Jenis penelitian ini adalah ”expost facto. Sampel penelitian berjumlah 161 dari 216 orang jumlah keseluruhan populasi yang diambil dengan menggunakan teknik Slovin. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur/path analyses. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik masing-masing berada pada kategori sedang, sedangkan kemandirian belajar peserta didik pada kategori tinggi; kemandirian belajar memiliki pengaruh langsung yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar fisika peserta didik; kemampuan berpikir kritis memiliki pengaruh langsung yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar fisika peserta didik; kemandirian belajar memiliki pengaruh langsung yang positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik; dan kemandirian belajar memiliki pengaruh tidak langsung terhadap hasil belajar fisika melalui kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata kunci: Path Analyses, Kemandirian Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Fisika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Sep 2019 03:54
Last Modified: 25 Sep 2019 03:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14967

Actions (login required)

View Item View Item