STRATEGI GURU DALAM MENGATASI HAMBATAN PADA PROSES PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI MADRASAH ALIYAH PERGIS GANRA KABUPATEN SOPPENG

Syafaruddin, Faisah (2019) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI HAMBATAN PADA PROSES PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI MADRASAH ALIYAH PERGIS GANRA KABUPATEN SOPPENG. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL FAISAH SYAFARUDDIN STRATEGI GURU DALAM MENGATASI HAMBATAN.pdf

Download (113kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Faisah Syafaruddin. 2019. Strategi guru dalam mengatasi hambatan pada proses pembelajaran kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Pergis Ganra Kabupaten Soppeng. Dibimbing oleh Muh. Ridwan Said Ahmad dan Supriadi Torro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Strategi guru dalam mengatasi hampatan pada proses pembelajaran kurikulum 2013 dan (2) Dampak terhadap siswa dalam menerapkan strategi guru pada proses pembelajaran kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Pergis Ganra Kabupaten Soppeng. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik penentuan informan dipilih secara purposive sampling dengan informan berjumlah 10 orang dengan kriteria yaitu (1) Guru dari setiap mata pelajaran (2) Guru yang telah mengajar minimal tiga tahun (3) Guru yang perna mendapat menghargaan di sekolah, (5) Siswa yang rajin dikelas serta (6) Siswa yang berprestasi di dalam kelas di Madrasah Aliyah Pergis Ganra Kabupaten Soppeng. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif tipe deskriptif melalui tiga tahap yaitu kondensasi, model data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan teknik kredibilitas dan konfirmabilitas melaui triangulasi dan membercheking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Strategi guru dalam mengatasi hambatan pada proses pembelajaran kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Pergis Ganra Kabupaten Soppeng yaitu : (a) Strategi Ekspositori, dimana strategi ini dilakukan guru dengan cara menyampaikan materi kepada siswa secara langsung dengan menggunakan metode ceramah. (b). Strategi Inquiry, strategi ini digunakan guru untuk melatih siswa mencari materi dan menjawab pertanyaan yang di pelajari dengan menggunakan metode diskusi dalam bentuk kelompok. Dan (c).Strategi berbasis masalah, strategi ini di gunakan guru dalam proses pembelajaran untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir dan mempunyai keterampilan belajar. 2). Dampak terhadap siswa dalam menerapkan strategi guru pada proses pembelajaran kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Pergis Ganra yaitu ; (a) minat belajar siswa bertambah, dengan dibuktikan banyaknya siswa-siswa yang bertanya tentang pelajaran yang telah di pelajari sebelumnya dan semangat yang besar. (b) Meningkatkan pengetahuan secara pendalam, siswa mampun menjawab apa yang ditanyakan guru dengan baik. (c) Kemampuan memberikan kesimpulan, siswa mampu memaparkan kesimpulan dari ada yang di pelajari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Sosiologi
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Sep 2019 01:42
Last Modified: 25 Sep 2019 01:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14966

Actions (login required)

View Item View Item