Respon Guru dan Siswa SMA Terhadap Penggunaan Quipper School Dalam Blended Learning pada Pembelajaran Biologi

Muis, Abd and Bahri, Arsad (2018) Respon Guru dan Siswa SMA Terhadap Penggunaan Quipper School Dalam Blended Learning pada Pembelajaran Biologi. Biology Teaching and Learning, 1 (2). pp. 167-171. ISSN 2621-5527

[img]
Preview
Text
6. Artikel Respon quipper Des BTL 2018. (4) pdf.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Hasil Review Respon Guru dan Siswa_compressed.pdf

Download (419kB) | Preview
Official URL: http://ojs.unm.ac.id/btl/article/view/8493

Abstract

Abstrak. Efektivitas suatu inovasi pembelajaran tidak bisa mengabaikan aspek penting karakteristik siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan respon guru dan siswa SMA terhadap pembelajaran blended learning (BL) menggunakan quipper school. Responden penelitian ini adalah 21 orang guru dan 81 orang siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Pangkajene Sidrap, Kabupaten Sidrap. Gambaran tentang respons guru dan siswa terhadap penggunaan quipper school dalam blended learning pada pembelajaran biologi, digunakan angket respon guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dan siswa memberikan respon yang positif terhadap penggunaan quipper shool dalam BL. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan quipper school dalam BL efektif digunakan dalam pembelajaran di sekolah menengah atas dengan mempertimbangkan berbagai aspek seperti karakteristik siswa, ketersediaan sarana dan prasarana pendukung, dan kemampuan guru menggunakan teknologi. Kata Kunci: blended learning, pembelajaran online, quipper school, respon guru, respon siswa.

Item Type: Article
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Arsad Bahri
Date Deposited: 24 Sep 2019 04:18
Last Modified: 24 Sep 2019 04:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14962

Actions (login required)

View Item View Item