PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PESISIR BERBASIS PELATIHAN DIVERSIFIKASI PRODUK (STUDI PADA USAHA IKAN BANDENG TANPA DURI DIDESA MATTIRO TASI KECAMATAN MATTIRO SOMPE KABUPATEN PINRANG)

NURLINA, NURLINA (2019) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PESISIR BERBASIS PELATIHAN DIVERSIFIKASI PRODUK (STUDI PADA USAHA IKAN BANDENG TANPA DURI DIDESA MATTIRO TASI KECAMATAN MATTIRO SOMPE KABUPATEN PINRANG). Diploma thesis, UNIVESITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL (NURLINA).pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk bagamiana gambaran pemberdayaan masyarakat pesisir berbasis pelatiahan diversifikasi produk, bagaimana dampak pemberdayaan masyarakat pesisir berbasis pelatiahan diversifikasi produk, bagaimana faktor-faktor pendukung dan penghamabat pemberdayaan masyarakat masyarakat. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian pencabutan duri ikan bandeng dan diversifikasi produk. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawacara dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data, penarik kesimpulan . Hasil penelitian ini yaitu: Gambaran pemberdayaan masyarakat pesisir berbasis pelatihan diversifikasi produk, bahwa masyarakat yang dulunya tidak mengetahui kalau ikan bandeng bisa juga diolah menjadi suatu produk dan praktis seperti halnya nugget. Dampak pemberdayaan masyarakat pesisir berbasis pelatihan diversifikasi produk meliputi meningkatnya pengetahuan peserta dalam pembuatan produk, dan meningkatnya keterampilan tentang pembuatan produk, kemudian meningkatnya kesadaran masyarakat dalam berusaha dan memberikan peluang untuk membuka usaha baru.Faktor pendukung yaitu (1) Respon positif kepada kepala desa terhadap pelatihan pencabutan duri ikan dan diversifikasi produk (2) Potensi alam yang memadai, tersedianya sumber bahan baku yang mudah diperoleh, sehingga untuk masalah bahan baku tidak perlu di ragukan lagi. Sedangakan faktor penghambat yaitu (1) Kurangnya masyarakat yang berpartisipasi dalam mengikuti pelatihan.(2) Hanya beberapa masyarakat yang ingin mengtindak lanjutkan dari hasil pelatihan. Kata Kunci : Pemberdayaan Masyarakat Pesisir, Pelatihan, Diversifikasi Produk

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Sep 2019 02:55
Last Modified: 20 Sep 2019 02:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14933

Actions (login required)

View Item View Item