Hubungan Kinerja dan Kepribadian Guru dengan Motivasi Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri se Kabupaten Bantaeng

NAPSAWATI, NAPSAWATI (2016) Hubungan Kinerja dan Kepribadian Guru dengan Motivasi Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri se Kabupaten Bantaeng. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
NAPSAWATI..docx

Download (15kB)

ABSTRAK NAPSAWATI. Hubungan Kinerja dan Kepribadian Guru dengan Motivasi Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri se Kabupaten Bantaeng. (Dibimbing oleh Kaharuddin Arafah dan Rahmini Hustim) Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan survey. Tujuan penelitian yaitu (1) mengetahui hubungan kinerja guru dengan motivasi belajar fisika peserta didik, (2) mengetahui hubungan kepribadian guru dengan motivasi belajar fisika peserta didik, (3) mengetahui hubungan kinerja dan kepribadian guru secara bersama-sama dengan motivasi belajar fisika peserta didik. Penelitian dilaksanakan di Kabupaten Bantaeng. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan survey yang terdiri atas dua variabel independen dan satu variabel dependen. Populasi berjumlah 545 peserta didik yang tersebar diseluruh kelas XI jurusan IPA SMA Negeri se Kabupaten Bantaeng, kemudian berdasarkan sistem random sampling diperoleh 231 jumlah sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala model likert. Data yang diperoleh diolah dengan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yang terdiri dari analisis korelasi dan regresi. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapt hubungan yang kuat antara kinerja guru dengan motivasi belajar fisika, terdapat hubungan yang kuat antara kepribadian guru dengan motivasi belajar fisika dan terdapat hubungan yang sangat kuat antara kinerja dan kepribadian guru secara bersama-sama dengan motivasi belajar fisika peserta didik. Kata kunci: kinerja guru, kepribadian guru, motivasi belajar fisika. Abstract- the dtudy aimst at examining (1) the correlation between teacher’s performance and learning motivation in learning physics of students, (2) the correlation between teacher’s personality and learning physics of students, and the correlation between performance and personality of teacher collaboratively and learning motivation in learning physics of students. The stydy was conducted in Bantaeng district. The populations were 545 students spread in class XI IPA at SMAN Bantaeng. Samples were 231 students chosen by employing random sampling technique. Data were analyzed using descriptive statistics and inferential statistics analysis consisted of correlation and regression analysis. Data were processed by SPSS versions 20. The result of the study indicate that there are strong correlation between teacher’s performance and learning motivation, there are strong correlation between teacher’s personality and learning motivation, and there are extremely strong correlation between performance and personality of teacher collaboratively and leaning motivation of students in learning physics. Keywords: teacher’s performance, teacher’s personality, learning motivation of physics

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > FISIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Dec 2016 02:45
Last Modified: 05 Dec 2016 02:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1493

Actions (login required)

View Item View Item