KOMPARASi HASIL BELAJAR SISWA PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE-OUTSIDE CIRCLE (IOC) DAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 1 PANGSID

Ramadhana, Rina (2019) KOMPARASi HASIL BELAJAR SISWA PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE-OUTSIDE CIRCLE (IOC) DAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 1 PANGSID. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (378kB) | Preview

Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen, dimana melibatkan dua kelas yang diberi perlakuan yang berbeda. Kelas pertama diajar dengan menggunakan model pembelajaran Inside-Outside Circle (IOC) pada kelas VII 3 yang dinamakan kelas eksperimen I dan kelas kedua diajar menggunakan model pembelajaran make a match pada kelas VII 4 yang dinamakan kelas eksperimen II. Dua kelas tersebut dipilih secara random dari sembilan kelas VII SMP Negeri 1 Pangsid tahun ajaran 2018/2019 semester genap. Pengambilan data dengan menggunakan tes kemampuan awal (pretest), tes hasil belajar dan lembar observasi untuk mengamati keterlaksanaan pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari analisis statistik deskriptif adalah sebagai berikut: (1) Rata-rata pretest pada kelas eksperimen I yaitu 32,35 yang berada pada kategori sangat rendah, rata-rata posttest yaitu 76,70 yang berada pada kategori tinggi, dan rata N-Gain 0,66 yang berada pada kategori sedang, (2) Rata-rata pretest pada kelas eksperimen II yaitu 32,15 yang berada pada kategori sangat rendah, rata-rata posttest yaitu 72,78 yang berada pada kategori tinggi, dan rata N-Gain 0,62 yang berada pada kategori sedang. Dari hasil analisis inferensial diperoleh: (1) Dengan menggunakan uji t, diperoleh p-value > 0,05 yaitu 0,364 > 0,05 dan dengan derajat kebebasannya adalah 44 diperoleh t-hitung < t-tabel yaitu 0,917 < 2,012, maka H0 diterima dan H1 ditolak yang menunjukkan bahwa tidak adanya perbedaan secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada penerapan model pembelajaran Inside-Outisde Circle (IOC) dan model pembelajaran make a match dalam materi penyajian data di kelas VII SMP (2) nilai peningkatan hasil belajar matematika siswa pada penerapan model pembelajaran Inside-Outside Circle (IOC) dan model pembelajaran make a match sama-sama berada pada kategori sedang sehingga hasil belajar matematika pada penerapan model pembelajaran Inside-Outside Circle (IOC) model pembelajaran make a match merupakan model pembelajaran yang memiliki peningkatan hasil belajar yang sama-sama baik untuk digunakan dalam pembelajaran matematika. Kata Kunci: Hasil belajar, Pretest, Posttest, Model pembelajaran, Inside-Outside Circle (IOC), Make a match

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Sep 2019 02:36
Last Modified: 18 Sep 2019 02:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14917

Actions (login required)

View Item View Item