DISFUNGSI PENDIDIKAN SEKS PADA KELUARGA KORBAN KEKERASAN SEKSUAL DI KECAMATAN PATTALLASSANG KABUPATEN TAKALAR

Mustari, Nur Inayah (2019) DISFUNGSI PENDIDIKAN SEKS PADA KELUARGA KORBAN KEKERASAN SEKSUAL DI KECAMATAN PATTALLASSANG KABUPATEN TAKALAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (246kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses orangtua memberikan pendidikan seks pada anak korban kekerasan seksual, untuk mengetahui pendapat orangtua tentang pendidikan seks pada anak, untuk mengetahui bagaimana factor pendukung dan penghambat orangtua dalam memberikan pendidikan seks pada anak. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskripsi kualitatif dengan tahapan mereduksi data, mendisplay data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Proses orangtua memberikan pendidikan seks pada anak korban kekerasan seksual, yaitu, ajak anak untuk bercerita, berikan waktu pada anak dan berikan dukungan kepada anak, 2) Pendapat orangtua tentang pendidikan seks adalah pendidikan seks tidak penting bagi anak, orangtua tidak tau apa itu pendidikan seks, dan orangtua lebih menyerahkan pendidikan seks di ajarkan di sekolah. 3) Faktor pendukung dan penghambat orangtua memberikan pendidikan seks pada anak. Faktor pendukung yaitu orangtua tidak ingin anaknya terjerumus kedalam pergaulan bebas, orangtua menjadi contoh atau panutan terhadap anaknya. Faktor penghambat yaitu orangtua tidak tau apa itu pendidikan seks, orangtua menyerahkan pendidikan seks di ajarkan di sekolah, orangtua yang terlalu sibuk dengan pekerjaannya, dan orangtua terlalu cuek kepada anak. Kata Kunci: pendidikan seks, anak, kekerasan seksual.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 17 Sep 2019 06:10
Last Modified: 17 Sep 2019 06:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14913

Actions (login required)

View Item View Item