Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Belajar Kognitif terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri 5 Bulukumba

KASMIATI, KASMIATI (2014) Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Belajar Kognitif terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri 5 Bulukumba. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
KASMIATI.docx

Download (20kB)

ABSTRAK KASMIATI. 2014.PengaruhStrategiPembelajarandan Gaya BelajarKognitifterhadapHasilBelajarFisikaPesertaDidikSMA Negeri 5 Bulukumba(dibimbingolehKaharuddinArafah dan Abdul HarisBakri). Penelitianinibertujuanuntukmengetahui (1)adatidaknyaperbedaanhasilbelajarfisikaantarapesertadidikyang diajarmenggunakanstrategipembelajaraninkuiridan yang diajarmenggunakanstrategipembelajaranekspositori, (2)adatidaknyaperbedaanhasilbelajarpesertadidik yang memilikigayakognitiffield dependent yang diajardenganstrategipembelajaraninkuiridan yang diajardenganstrategipembelajaranekspositori, (3)adatidaknyaperbedaanhasilbelajarpesertadidik yang memilikigayakognitiffield independent yang diajardenganstrategipembelajaraninkuiridan yang diajardenganstrategipembelajaranekspositori, dan (4) adatidaknyainteraksiantarapenggunaanstrategipembelajarandengangayabelajarkognitifpesertadidikterhadappencapaianhasilbelajarfisika di SMA Negeri 5 Bulukumba. Penelitianinimenggunakandesainfaktorial2 x 2. SampelpenelitianadalahpesertadidikKelas XI IPA diambilduakelassecararambang, kelaspertamadiberikanperlakuandenganstrategipembelajaraninkuiridankelas yang keduadiberikanperlakuandenganstrategipembelajaranekspositori.Pengujianhipotesismenggunakananavaduajalur,denganbantuansoft ware IBMSPSS versi20. Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa(1)terdapatperbedaanhasilbelajarfisikaantara pesertadidikyang diajarmenggunakanstrategipembelajaraninkuiri dan yang diajarmenggunakanstrategipembelajaranekspositori, (2) terdapatperbedaanhasilbelajarpesertadidikantarayang diajardenganstrategipembelajaraninkuiridan yang diajardenganstrategipembelajaranekspositoribagipesertadidik yang memilikigayabelajarfield dependent, (3) terdapatperbedaanhasilbelajarpesertadidikantarayang diajardenganstrategipembelajaraninkuiridan yang diajardenganstrategipembelajaranekspositoribagipesertadidik yang memilikigayabelajarfield independent, dan (4)terjadiinteraksiantarapenggunaanstrategipembelajarandanperbedaangayabelajarkognitifpesertadidikterhadaphasilbelajarfisika di SMA Negeri 5 Bulukumba. ABSTRACT KASMIATI.2014. The Impluence of Learning Strategies and Cognitive Learning Styles on Learning outcomes in Physics of Students at SMAN 5 Bulukumba(Supervised byKaharuddinArafah and Abdul HarisBakri). ThisStudyaimsto examine (1) whetherthere are differences of physicslearningoutcomestaughtbyusinginquirylearningstrategy and exspositorylearningstrategies, (2) whetherthere are differences of students’ learningoutcomeswhohavefield-dependentcognitivestyletaughtbyusing inquirí learningstrategies and exspositorylearningstrategies, (3) whetherthere are differences of students’ learningoutcomeswhohave fiel-independentcognitivestyletaughtbyusinginquirylearningstrategies and exspositorylearningstrategies, (4) whetherthere are interactionsbetweenthe use of learningstrategies and cognitivelearningstyles of studentsonlearningoutcomes in physics SMAN 5 Bulukumba. Thisresearchisquasi-experimenusing a 2 x 2 factorial design. Sampleswerestudents of class XI IPA (science) takenrandomly and obtaintwoclasses, thefirstclasswasgiven inquirí learningstrategies and thesecondclasswasgivenexpositorylearningstrategies. Hypothesis test wascarriedoutbyemployingTwo-Way ANOVA analysiswith IBM SPSS versión 20 software. Theresults of thisstudyindicatethat (1) there are differences of Physicslearningoutcomestaughtbyusinginquirylearningstrategy and expositorylearningstrategies, (2) there are differences of students’ learningoutcomeswhohavefield-independentcognitivestyletaughtbyusing inquirí learningstrategies, (3) there are differences of students’ learningoutcomeswhohavefield-independentcognitifstyletaughtbyusinginquirylearningstrategies and exspositorylearningstrategies, (4) there are interactionbetweenthe use of learningstrategies and cognitivelearningstyles of studentsonlearningoutcomes in physics SMAN 5 Bulukumba.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > FISIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Dec 2016 02:39
Last Modified: 05 Dec 2016 02:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1491

Actions (login required)

View Item View Item