HUBUNGAN KOORDINASI MATA KAKI DAN KELINCAHAN DENGAN KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA PADA MURID SD INPRES MOTI KEC. GANTARANGKEKE KAB. BANTAENG

FRIANSA, ANDI (2019) HUBUNGAN KOORDINASI MATA KAKI DAN KELINCAHAN DENGAN KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA PADA MURID SD INPRES MOTI KEC. GANTARANGKEKE KAB. BANTAENG. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
jurnal.pdf

Download (259kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK ANDI FRIANSA, 2017. Hubungan koordinasi mata kaki dan kelincahan dengan kemampuan menggiring bola dalam permainan sepakbola pada murid SD Inpres Moti Kec. Gantarangkeke Kab. Bantaeng tahun ajaran 2017. Skripsi. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk hubungan koordinasi mata kaki dan kelincahan dengan kemampuan menggiring bola dalam permainan sepakbola pada murid SD Inpres Moti Kec.Gantarangkeke Kab. Bantaeng tahun ajaran 2017. Dalam penelitian ini ada dua variabel penelitian yakni variabel bebas dan variabel terikat. Kedua variabel tersebut akan didefinisikan ke dalam penelitian ini sebagai berikut variabel bebas yakni sebagai variabel X1 adalah koordinasi mata kaki, X2 adalah kelincahan dan variabel terikat yakni sebagai variabel Y adalah kemampuan menggiring bola. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah SD Inpres Moti Kec. Gantarangkeke Kab. Bantaeng tahun ajaran 2017 dengan jumlah sampel penelitian 40 orang murid. Definisi operasional variabel yakni koordinasi mata kaki adalah kemampuan menggiring bola dengan melewati beberapa rintangan dan menghentikan bola tepat digaris yang telah ditentukan dengan menggunakan kaki. Dalam pelaksanaan tes koordinasi mata kaki ini dilakukan dengan menggunakan tes yang sudah baku satuan pengukurannya adalah detik, kelincahan yang dimaksud adalah kemampuan seseorang untuk mengubah arah dan posisi tubuh dengan cepat dan tepat pada waktu sedang bergerak, tanpa kehilangan keseimbangan. Tingkat kelincahan seseorang dapat diukur dengan menggunakan tes shuttle run 4 x 5 meter. Dalam penilaian ini, tes yang digunakan untuk mengetahui hubungan koordinasi mata kaki dan kelincahan dengan kemampuan menggiring bola dalam permainan sepakbola pada murid SD Inpres Moti Kec. Gantarangkeke Kab. Bantaeng tahun ajaran 2017. meliputi tes koordinasi mata kaki dengan tes koordinasi mata kaki, tes kelincahan dengan tes shuttle run dan tes kemampuan menggiring dengan tes menggiring bola. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan melalui program SPSS. Bertolak dari hasil analisis data, maka kesimpulan penelitian ini, 1). Ada hubungan yang signifikan antara koordinasi mata kaki dengan kemampuan menggiring bola pada murid SD Inpres Moti Kec. Gantarangkeke Kab. Bantaeng tahun ajaran 2017, 2). Ada hubungan yang signifikan antara kelincahan dengan kemampuan menggiring bola pada murid SD Inpres Moti Kec. Gantarangkeke Kab. Bantaeng tahun ajaran 2017 dan Ada hubungan yang signifikan secara bersama-sama antara koordinasi mata kaki dan kelincahan dengan kemampuan menggiring bola pada murid SD Inpres Moti Kec. Gantarangkeke Kab. Bantaeng tahun ajaran 2017.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > Pen. Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 12 Sep 2019 06:41
Last Modified: 12 Sep 2019 06:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14871

Actions (login required)

View Item View Item