MEMBANGUN KULTUR SEKOLAH (Menuju Pendidikan Berbasis Iman dan Takwa)

Hasan, Kamaruddin (2014) MEMBANGUN KULTUR SEKOLAH (Menuju Pendidikan Berbasis Iman dan Takwa). Cetakan I, 1 (1). CV Bina Karya Utama, Makassar. ISBN 978-602-14919-2- 8

[img]
Preview
Text
buku membangun kutur sekolah (Dr. H. Kamaruddin Hasan, M.Pd.).pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
peer reviewer buku membangun kultur sekolah.pdf

Download (728kB) | Preview

Abstract

Kata Pengantar Upaya membangun kultur sekolah dengan iman dan takwa sebagaimana ditawarkan penulis buku ini tidak terlepas dari kesadaran seluruh pihak baik internal maupun ekternal sekolah. Secara garis besar, prosesnya dapat melalui tahapan berikut; (1) Mengidentifikasi nilai-nilai dari sistem nilai iman dan takwa, oleh unsur-unsur anggota komunitas sekolah (Kepala Sekolah, komite sekolah, guru, peserta didik, pegawai sekolah) yang disesuaikan dengan Rencana Strategis Pengembangan Sekolah. (2) Membentuk komitmen bersama untuk mengaktualisasikan nilai-nilai tersebut dalam berpikir, bersikap, berucap dan bertindak se hari-hari di ingkungan sekolah. (3) Mengaktualisasikan komitmen tersebut dalam bentuk penetapan standar/kriteria/prosedur pelaksanaan tugas, proses pembelajaran, interaksi kedinasan/pribadi, pelayanan internal/eksternal dan penataan lingkungan fisik sekolah. (4) Mensosialisasikan standar/kriteria /prosedur tersebut secara terus menerus dalam berbagai kegiatan dan media komunikasi yang ada di lingkungan sekolah, yang mengarah pada pembiasaan kehidupan semua anggota komunitas sekolah melalui proses internalisasi (penyerapan dan pemaknaan dalam diri pribadi-pribadi) dan proses institusionalisasi (pelembagaan) sehingga menjadi tradisi bersama, dan terakhir (5) Memelihara dan mengembangkan tradisi yang terwujud.

Item Type: Book
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 12 Sep 2019 07:28
Last Modified: 12 Sep 2019 07:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14865

Actions (login required)

View Item View Item