Kesalahan Pemahaman Objek Dasar Matematika pada Bentuk Aljabar Siswa SMP Siswa VIII

St. Hajar Yusriani, St. Hajar Yusriani (2019) Kesalahan Pemahaman Objek Dasar Matematika pada Bentuk Aljabar Siswa SMP Siswa VIII. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGRERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (697kB) | Preview

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kesalahan pemahaman objek dasar matematika siswa SMP IT Wahdah Islamiyah Makassar Kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini sebanyak 3 orang siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data menggunakan tes diagnostik dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kesalahan pemahaman fakta matematika siswa mencakup: kesalahan menerapkan tanda plus atau minus dan tanda kurung pada bentuk aljabar. 2) kesalahan pemahaman konsep matematika siswa mencakup: kesalahan pemahaman konsep suku, suku sejenis dan suku tidak sejenis. 3) kesalahan pemahaman prinsip matematika siswa mencakup: kesalahan memahami sifat-sifat yang berlaku pada bentuk aljabar. 4) kesalahan pemahaman operasi matematika siswa mencakup: a) kesalahan pemahaman dalam menyelesaikan penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar; b) kesalahan pemahaman dalam menyelesaikan perkalian dan pembagian bentuk aljabar; dan c) kesalahan pemahaman dalam menyederhanakan pecahan bentuk aljabar. Kata kunci: kesalahan pemahaman, objek dasar matematika, bentuk aljabar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Sep 2019 01:54
Last Modified: 10 Sep 2019 01:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14840

Actions (login required)

View Item View Item