PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 2 GOWA

LOMBU’U, RITALIA (2019) PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 2 GOWA. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (362kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK RITALIA LOMBU’U. 2019. Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri 2 Gowa, (dibimbing oleh Muhammad Sidin Ali dan Helmi). Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pengaruh langsung kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar peserta didik SMA Negeri 2 Gowa; (2) menganalisis pengaruh langsung kemampuan berpikir kritis terhadap kemandirian belajar peserta didik SMA Negeri 2 Gowa; (3) menganalisis pengaruh langsung kemandirian belajar terhadap hasil belajar peserta didik SMA Negeri 2 Gowa; (4) menganalisis pengaruh tidak langsung kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar melalui kemandirian belajar peserta didik SMA Negeri 2 Gowa. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan pendekatan kausal dengan variabel penelitian adalah kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar sebagai variabel bebas, hasil belajar fisika sebagai variabel tak bebas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMAN 2 Gowa Tahun Ajaran 2018/2019, terdiri atas 7 kelas dengan jumlah keseluruhan peserta didik sebanyak 239 peserta didik, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah multi stage random sampling dan terpilih kelas XI MIA1, XI MIA2, XI MIA4, XI MIA6, XI MIA7. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis deskriptif didapatkan bahwa kemampuan berpikir kritis, kemandirian belajar dan hasil belajar fisika peserta didik berada dalam kategori rendah dan tinggi. Analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar fisika; kemampuan berpikir kritis terhadap kemandirian belajar; kemandirian belajar terhadap hasil belajar fisika; kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar fisika melalui kemandirian belajar. Oleh karena itu, berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, sebaiknya peningkatan hasil belajar fisika peserta didik dilakukan dengan peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar. Diharapkan pada peneliti selanjutnya agar lebih memperhatikan indikator kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar yang rendah dalam penelitian ini. Sehingga penelitian yang dilakukan dapat meningkatkan hasil belajar fisika yang lebih baik. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Kemandirian Belajar, Hasil Belaja

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Sep 2019 07:50
Last Modified: 05 Sep 2019 07:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14823

Actions (login required)

View Item View Item