Pengembangan Modul Berbasis Kartu Konsep pada Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi dan Kreativitas Siswa

Asis, Abdul (2011) Pengembangan Modul Berbasis Kartu Konsep pada Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi dan Kreativitas Siswa. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ABDUL ASIS.docx

Download (16kB)

ABSTRAK Abdul Asis. Pengembangan Modul Berbasis Kartu Konsep pada Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi dan Kreativitas Siswa (dibimbing oleh Jasruddin dan Hj. Bungadara Amin) Penelitian ini penelitian pengembangan (research and development) yang mengacu pada model Kemp dengan menggunakan desain pre-test and post-test untuk melihat seberapa besar peningkatan motivasi berprestasi, seberapa besar peningkatan kreativitas siswa dan seberapa besar hasil belajar siswa dalam pokok bahasan suhu dan kalor setelah diajar dengan menggunakan modul berbasis kartu konsep pada pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Pesantren IMMIM Minasatene Pangkep. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Pesantren IMMIM Minasatene Pangkep semester genap tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 30 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket motivasi berprestasi, angket kreativitas dan tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif. Statistik deskriptif digunakan untuk menganalisis kevalidan perangkat pembelajaran dan mendeskripsikan motivasi berprestasi, kreativitas dan hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan yang meliputi RPP, modul, instrumen motivasi berprestasi, instrumen kreativitas, dan tes hasil belajar (THB) setelah dilakukan validasi dan uji coba maka perangkat tersebut dinyatakan valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan dalam pembelajaran fisika dengan menggunakan modul berbasis kartu konsep pada pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, (2) motivasi berprestasi siswa kelas X SMA Pesantren IMMIM Minasatene Pangkep setelah diajar pokok bahasan suhu dan kalor dengan menggunakan modul berbasis kartu konsep pada pembelajaran kooperatif tipe jigsaw secara signifikan meningkat dengan 〈g〉 = 0,34 berada pada kategori sedang. (3). kreativitas siswa kelas X SMA Pesantren IMMIM Minasatene Pangkep setelah diajar pokok bahasan suhu dan kalor dengan menggunakan modul berbasis kartu konsep pada pembelajaran kooperatif tipe jigsaw secara signifikan meningkat dengan 〈g〉 = 0,33 berada pada kategori sedang, dan (4) hasil belajar fisika siswa kelas X SMA Pesantren IMMIM Minasatene Pangkep setelah diajar pokok bahasan suhu dan kalor dengan menggunakan modul berbasis kartu konsep pada pembelajaran kooperatif tipe jigsaw telah memenuhi standar ketuntasan secara klasikal yaitu tingkat ketuntasan lebih besar atau sama dengan 80%. ABSTRACT ABDUL ASIS. 2011. Development of Concept Card Based Module on Cooperative Learning of Jigsaw Type to Improve Motivation for Achievement and creativity of Students (supervised by Jasruddin and Bunga Dara Amin). This study was research and development which referred to Camp model by employing pre-test and post-test design to examine to extend of the improvement of motivation for achievement, the extend of improvement of student’ creativity, and the extend of students’ learning achievement of subject of temperature and heat after being taught by using concept card based module on cooperative lerning of jigsaw type . This study was conducted at SMA Pesantren IMMIM Minasatene Pangkep. The subject of this study was student of grade X at SMA Pesantren IMMIM Minasatene Pangkep on the second semester of academic year 2010/2011 with 30 students. Data were collected through observation , questionnaire on motivation achievement, questionnaire on creativity and test of learning achievement Data were analyzed by statistic descriptive. statistic descriptive was employed to analyzed the validity of learning device and to describe the motivation for achievement, creativity, and student learning achievement. The result of this study revealed that (1) the developed learning device consisted of lesson planning, module, instrument of motivation for achievement, instrument for creativity, and test for learning achievement, after being validated and feasible to be used on physics subject by employing concept card based module on cooperative learning of jigsaw type, (2) motivation on students’ achievement of grade X at SMA Pesantren IMMIM Minasatene Pangkep after being taught the subject of temperature and heat by employing concept card based module on cooperative learning of jigsaw type was improved significantly with (g) = 0,34 with was in fair category, (3) student creativity of grade X of SMA Pesantren IMMIM Minasatene Pangkep after being taught on the subject of temperature and heat by employing concept card based module on cooperative learning of jigsaw type was improved significantly with (g) = 0,33 with was in fair category, and (4) students’ learning achievement of physics of grade X at SMA Pesantren IMMIM Minasatene Pangkep after being taught the subject of temperature and heat by employing concept card based module on cooperative learning of jigsaw type had met the mastery standard classically which was the level of greater mastery or equal to 80%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > FISIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Dec 2016 02:16
Last Modified: 05 Dec 2016 02:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1481

Actions (login required)

View Item View Item