PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 GOWA

AISYAH, NUR (2019) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 GOWA. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
Artikel Skripsi_NUR AISYAH_UNM.pdf

Download (170kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK NUR AISYAH, 2019. Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMK Negeri 1 Gowa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh: Drs. H. Abd. Rijal, M.Si dan Drs. M. Yusuf A. Ngampo, M.M) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap keaktifan belajar siswa kelas X pada mata pelajaran akuntansi di SMK Negeri 1 Gowa. Variabel dalam penelitian ini adalah model discovery learning sebagai variabel bebas dan keaktifan belajar sebagai variabel terikat. Populasinya yaitu keseluruhan siswa kelas X AKL, sementara sampelnya yaitu siswa kelas X AKL 3 sebanyak 35 siswa, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis keabsahan data dan analisis statistik data dengan bantuan program SPSS 24.0 for windows. Hasil analisis regresi sederhana Y = 3,220 + 0,772X dimana konstanta dengan nilai 3,220 yang berarti bahwa jika model discovery learning nilainya nol, maka keaktifan belajar tetap ada sebesar 3,220 sedangkan koefisien regresi X sebesar 0,772 bernilai positif, yang berarti bahwa jika model discovery learning mengalami peningkatan 1 satuan, maka keaktifan belajar siswa juga akan mengalami peningkatan sebesar 0,772. Dari hasil analisis product moment menunjukkan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,574 yang berada pada interval 0,400-0,599 yang memiliki tingkat pengaruh sedang antara model discovery learning terhadap keaktifan belajar siswa. Melalui uji-t pada kolom signifikan menunjukkan bahwa nilai probabilitas 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa hipotesis penelitian ini diterima. Kata kunci : Model Discovery Learning, Keaktifan Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Sep 2019 06:00
Last Modified: 04 Sep 2019 06:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14803

Actions (login required)

View Item View Item