PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS PROYEK PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR OTOMOTIF DI SMK

perianto,, Agus (2019) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS PROYEK PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR OTOMOTIF DI SMK. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL JADI - REVISI agus.pdf

Download (912kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran kontekstual berbasis pronyek pada mata pelajaran dasar-dasar otomotif di SMK Negeri 2 Soppeng, dan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif digunakanS. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Model pengembangan yang menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analysis, desain, development, implementation, dan evaluation. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran kontekstual berbasis proyek layak dilaksanakan karena model pembelajaran ini telah memenuhi kriteria kevalidan, keefektifan dan kepraktisan. Tahapan awal yaitu tahap analisis kebutuhan atau analisis model pembelajaran, kompetensi siswa dan perangkat yang dibutuhkan dalam pengembangan model pembelajaran Kontekstual berbasis proyek, tahapan kedua adalah tahap desain, tahap ini membuat perangkat pembelajaran. Tahap ketiga adalah tahap pengembangan, tahapan ini dilakukan validasi perangkat pembelajaran, tahap keempat adalah tahap evaluasi dan revisi, tahapan ini dilakukan evaluasi dan revisi hasil uji coba, dan tahap kelima adalah tahap implementasi. Hasil analisis penilaian peserta pembelajaran dari keseluruhan item memperoleh skor rerata 3,50 dengan persentase 62,50%. Responden memberikan nilai dengan kriteria penilaian sangat efektif. Hasil analisis penilaian aktivitas peserta didik yang terdiri dari 3 (tiga) aspek penilaian yaitu, aspek pembukaan, aspek penyajian dan aspek penutup. Nilai keseluruhan aspek yang dinilai memperoleh nilai skor rerata 3,62 dengan persentase 33,33%. Penilaian pengamat atau responden memberikan nilai dengan kriteria penilaian sangat efektif. Analisis penilaian keterlaksanaan model pembelajaran yang terdiri dari 3 aspek penilaian yaitu, aspek persiapan pembelajaran, aspek proses pelaksanaan pembelajaran, aspek setelah mengikuti pembelajaran. Penilaian keterlaksanaan model ini menunjukkan hasil penilaian keseluruhan aspek yang dinilai, kriteria penilaian sangat praktis dengan skor rerata 3,68 dengan persentase 33,33%. Berdasarkan hasil Penelitian ini disimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran kontekstual berbasis proyek di SMKN 2 Soppeng telah memenuhi kriteria valid, efektif dan praktis. Kata Kunci:Model Pembelajaran, Kompotensi Siswa, Lingkungan Materi Siswa, Karya Tulis Ilmiah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Sep 2019 05:40
Last Modified: 04 Sep 2019 05:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14802

Actions (login required)

View Item View Item