Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Kooperatif Tipe Pasangan Interaktif Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bantaeng

LINGGI, A.SAMBO (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Kooperatif Tipe Pasangan Interaktif Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bantaeng. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
A.SAMBO LINGGI.docx

Download (19kB)

ABSTRAK A.SAMBO LINGGI. PengembanganPerangkatPembelajaranFisika Model Kooperatif TipePasanganInteraktifPadaSiswaKelas XI IPA SMA Negeri 1 Bantaeng(dibimbingolehProf.Dr.H.Muris,M.SidanDra.Hj.AisyahAzis, M.Pd.). Pertanyaanpenelitianiniadalahbagaimanaprofilperangkatpembelajaranfisika model kooperatiftipepasanganinteraktif yang valid, praktis, danefektif; meliputi: RPP, BukuSiswa, dan LKS untukmengajarkanmateruusahadanenergi.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmenghasilkanprofilperangkatpembelajaranfisika yang bercirikanpembelajaran model kooperatiftipepasanganinteraktif yang valid, praktis, danefektif: meliputi: RPP, BukuSiswa (BS), dan LKS. Penelitianiniadalahpenelitianpengembangan (development research).Produk yang diinginkandalampenelitianiniadalahperangkatpembelajaranfisika model kooperatiftipepasanganinteraktif yang valid, praktis, danefektif.Produktersebutmeliputi: (1) RencanaPelaksanaanPembelajaran (RPP), (2) BukuSiswa (BS), dan (3) LembarKegiatanSiswa (LKS). Proses pengembanganmenggunakanmodifikasimodel 4-D dariThiagarajan yang terdiridaritahapanpendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), danpenyebaran (disseminate). Proses pengembanganterlaksanatigatahapansajakarenaketerbatasanwaktuyaitutahapanpendefinisian (define), perancangan (design), danpengembangan (develop). Ujicobaperangkatdilakukanpadasiswakelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Bantaengtahunpelajaran 2013/2014 semester genapsebanyak 37 orang.Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar validasi perangkat, instrumen lembar observasi (kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, keterlaksanaan perangkat pembelajaran, aktivitas siswa), angket respons siswa terhadap pembelajaran. Instrumen tersebut merupakan instrumen-instrumen yang telah digunakan dalam penelitian sebelumnya tetapi telah dimodifikasi sebagai penyesuaian terhadap materi usaha dan energi dalam penelitian ini.Hasil yang diperolehpadaujicobatersebutadalahperangkatpembelajaranfisika model kooperatiftipepasanganinetraktif yang valid, praktis, danefektif.Sebagaiimplikasi yang diperolehdarihasilpenelitianini, disarankan: (1) bagipeneliti yang berminatmengembangkanlebihlanjutpenelitianinidiharapkanmencermatiketerbatasanpenelitian, sehinggapenelitianselanjutnyadapatmenyempurnakanhasilpenelitianini, (2) pengembanganperangkatpembelajaran model kooperatiftipepasanganinteraktifhendaknyadikembangkanjugauntukmateri lain agar dapatmembuatsiswalebihaktif, senang, dantertarikdalambelajarfisika.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Dec 2016 02:14
Last Modified: 05 Dec 2016 02:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1480

Actions (login required)

View Item View Item