KONTRIBUSI KOORDINASI MATA KAKI, KESEIMBANGAN DAN PANJANG TUNGKAI TERHADAP KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA PADA PERMAINAN SEPAKBOLA SDN 3 SUNGGUMINASA KABUPATEN GOWA

Putra, Andi Hidayah Mandala (2019) KONTRIBUSI KOORDINASI MATA KAKI, KESEIMBANGAN DAN PANJANG TUNGKAI TERHADAP KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA PADA PERMAINAN SEPAKBOLA SDN 3 SUNGGUMINASA KABUPATEN GOWA. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI.pdf

Download (152kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif yang menggunakan rancangan penelitian ”korelasional”. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui; (1) Apakah ada kontribusi koordinasi mata kaki terhadap kemampuan menggiring bola pada permainan sepakbola murid SDN 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa; (2) Apakah ada kontribusi keseimbangan terhadap kemampuan menggiring bola pada permainan sepakbola murid SDN 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa; (3) Apakah ada kontribusi panjang tungkai terhadap kemampuan menggiring bola pada permainan sepakbola murid SDN 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa; (4) Apakah ada kontribusi koordinasi mata kaki, dan keseimbangan dan panjang tungkai secara bersama-sama terhadap kemampuan menggiring bola pada permainan sepakbola murid SDN 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Populasinya adalah keseluruhan murid SDN 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 30 orang. Teknik penentuan sampel adalah dengan pemilihan secara acak (simple random sampling). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis koefisien korelasi pearson product moment (r), dan hasil analisis korelasi ganda (R) pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Ada kontribusi yang signifikan antara koordinasi mata kaki terhadap kemampuan menggiring bola pada permainan sepakbola murid SDN 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa, dengan nilai r sebesar 0,518 (Pvalue ˂ α 0,05); (2) Ada kontribusi yang signifikan antara keseimbangan terhadap kemampuan menggiring bola pada permainan sepakbola murid SDN 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa, dengan nilai r sebesar 0,505 (Pvalue ˂ α 0,05); (3) Ada kontribusi yang signifikan antara panjang tungkai terhadap kemampuan menggiring bola pada permainan sepakbola murid SDN 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa, dengan nilai r sebesar 0,513 (Pvalue ˂ α 0,05); (4) Ada kontribusi yang signifikan antara koordinasi mata kaki, keseimbangan dan panjang tungkai secara bersama-sama terhadap kemampuan menggiring bola pada permainan sepakbola murid SDN 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa. dengan nilai Rhitung sebesar 0,740 (Pvalue ˂ α 0,05) dengan persentase sebesar 74%; dan nilai Fhitung (F) sebesar 24,664.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Sep 2019 08:11
Last Modified: 02 Sep 2019 08:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14782

Actions (login required)

View Item View Item