Pengaruh penerapan Model Pembelajaran Giving Question and Getting Answers (GQGA) Terhadap Hasil Belajar Siswa MAN Bulukumba Tahun 2013

ZAMHARIRAH, ZAMHARIRAH (2013) Pengaruh penerapan Model Pembelajaran Giving Question and Getting Answers (GQGA) Terhadap Hasil Belajar Siswa MAN Bulukumba Tahun 2013. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ZAMHARIRAH.docx

Download (13kB)

ABSTRAK ZAMHARIRAH, 2013. Pengaruh penerapan Model Pembelajaran Giving Question and Getting Answers (GQGA) Terhadap Hasil Belajar Siswa MAN Bulukumba Tahun 2013 ( dibimbing oleh Muris serta Rahmini Hustim) Penelitian bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya (1) peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, (2 peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Giving Question And Getting Answers (GQGA) , (3) perbedaan peningkatan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran GQGA dan yang belajar dengan mengunakan model pembelajaran secara konvensional dan untuk (4) mengetahui persepsi siswa terhadap Model Pembelajaran GQGA dalam pembelajaran fisika . Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sesungguhnya, desain penelitian yang digunakan adalah control group pretest-posttest, analisis terhadap data penelitian dilakukan dengan menggunakan uji t dan analisis N gain. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA MAN Bulukmba yang berjumlah 121 orang. Sampel penelitian berjumlah 60 orang meliputi siswa kelas IPA XI 1 sebanyak 30 orang dan siswa kelas XI IPA 2 sebanyak 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi ahli,,Angket persepsi siswa, tes hasil belajar fisika kemudian dianalisis dengan secara manual for windows dan SPSS 17. Hasil Penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar fisika pada pembelajaran secara konvensional dan pembelajaran GQGA namun terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar fisika pada pembelajaran secara konvensional dan pembelajaran GQGA tersebut. Secara umum persepsi siswa tentng pembelajaran GQGA adalah positif hal ini terlihat dari semangat siswa dan antusiame siswa dalam proses pembelajaran serta ditandai dengan meningkatnya hasil belajar siswa.   ABSTRACT ZAMHARIRAH. 2013. The influence of the Implementation of Giving Question Learning Model and Getting Answer toward Students’ Learning Outcomes at MAN in Bulukumba (supervised by Muris and Rahmini Hustim). The study aimed at examining (1) the improvement of students’ learning outcomes taught by using conventional learning model, (2) the improvement of students’ learning outcomes taught by using Giving Question and Getting Answer (GQGA) learning model, (3) the difference of learning outcomes improvement between the student taught by GQGA learning model and the ones taught by the conventional learning model, and (4) students’ perception toward GQGA learning model in Physics learning. The study was the real experimental research. The design of the study was the control group pretest-posttest design. Analysis of the research data was conducted using t-test and N gain analysis. The population of the study was grade XI IPA students at MAN Bulukumba with as many as 121 students. The samples were 60 students included grade IPA XI 1 students as many as 30 people and grade XI IPA 2 students with 30 people as well. Data were collected using validation sheet by expert, questionnaire of students’ perception, test of learning outcomes of Physics. The data were than analyzed using SPSS 17 for windows and in manual. The results of the study indicated that there was a difference on improvement of physics learning outcomes which used conventional learning method ang GQGA learning method.perception on GQGA learning was positive indicated by the spirits and enthusiasm of students in learning process and the improvement of students’ learning outcomes.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > FISIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Dec 2016 02:08
Last Modified: 05 Dec 2016 02:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1478

Actions (login required)

View Item View Item