KREASI FABRIC MANIPULATION DENGAN TEKNIK MENGGUNTING KAIN PADA BUSANA PESTA ANAK DENGAN SUMBER IDE BURUNG KAKATUA

Faz, Amaliah (2019) KREASI FABRIC MANIPULATION DENGAN TEKNIK MENGGUNTING KAIN PADA BUSANA PESTA ANAK DENGAN SUMBER IDE BURUNG KAKATUA. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (82kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain, proses pembuatan dan pendapat panelis terhadap kreasi fabric manipulation dengan teknik menggunting kain pada busana pesta anak dengan sumber ide burung kakatua. Jenis penelitian ini adalah penelitian rekayasa yang lebih menekankan pada aspek pengukuran secara obyektif terhadap apa yang akan diteliti yang didalamnya berisi tentang perencanaan bahan dan alat. Penelitian ini dilakukan di laboratorium PKK konsentrasi tata busana Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Pengumpulan data bersumber dari 20 panelis menggunakan kuisioner yang berbentuk skala dengan skala likert. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor akhir dari kuisioner skala likert bernilai 84,27% yang berarti tanggapan dari para panelis sangat baik terhadap produk yang dihasilkan. Temuan penelitian mengimplikasikan bahwa desain kreasi fabric manipulation dapat menciptakan inovasi yang bisa dicoba dalam memanipulasi bulu burung kakatua. Kemudian dalam proses pembuatan fabric manipulation pertama mengguting bahan fabric manipulation setelah itu pemasangan bulu yaitu dengan memasang dimulai dari bawah(biru) ketas(merah) dan menjahit produk yang terdiri dari dress dan cape. Kata kunci: busana pesta anak, kreasi fabric manipulation, teknik menggunting kain, sumber ide burung kakatua.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Sep 2019 01:38
Last Modified: 02 Sep 2019 01:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14776

Actions (login required)

View Item View Item