Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Metode Penemuan Terbimbing Terhadap Pencapaian Hasil Belajar Peserta Didik SMAN 11 Unggulan Pinrang

SAHARIAH, SITTI (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Metode Penemuan Terbimbing Terhadap Pencapaian Hasil Belajar Peserta Didik SMAN 11 Unggulan Pinrang. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
SITTI SAHARIAH.docx

Download (14kB)

ABSTRAK SITTI SAHARIAH, Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Metode Penemuan Terbimbing Terhadap Pencapaian Hasil Belajar Peserta Didik SMAN 11 Unggulan Pinrang (dibimbing oleh Muris dan Muh. Tawil). Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research and development), dimana produk yang diinginkan adalah perangkat pembelajaran yang valid dan layak untuk digunakan.. Produk tersebut adalah: (1) rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), (2) buku ajar peserta didik (BAPD), (3) Lembar kerja peserta didik (LKPD), dan (4) tes hasil belajar. Pengembangan model perangkat yang digunakan mengacu pada model four-D (Model 4-D) yang terdiri dari empat tahap yaitu: (1) pendefinisian (define), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (develop), dan (4) penyebaran (dessimenate). Penelitian ini menggunakan pengembangan perangkat model four D untuk mengetahui pencapaian hasil belajar pada pokok bahasan elastisitas setelah diajar dengan menggunakan metode pembelajaran penemuan terbimbing Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 11 Unggulan Pinrang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif. Statistik deskriptif digunakan untuk menganalisis kevalidan perangkat pembelajaran dan mendeskripsikan hasil pengamatan hasil uji coba. Dari hasil penelitian ini dapat dikatakan bahwa semua komponen perangkat pembelajaran yang meliputi RPP, BAPD, LKPD, tes hasil belajar beserta instrumen penilaian memenuhi kriteria kevalidan berdasarkan penilaian tim ahli. Perangkat yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran fisika khususnya pada materi elastisitas. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan ditemukan kualitas dari perangkat RPP, BAPD dan LKPD yang berorientasi pada metode pembelajaran penemuan terbimbing. Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa angket respon peserta didik berada pada kategori sangat positif. Berdasarkan hasil analisis skor tes hasil belajar dengan menggunakan penilaian standar relatif berskala lima menunjukkan tingkat pencapaian hasil beljar berada pada kategori tinggi. Kata kunci: Penemuan Terbimbing, hasil belajar ABSTRACT SITTI SAHARIAH. 2014. Development of Learning Instrument with Guided Discovery Method toward Achievement of Learning Outcomes of Students at SMAN 11 Unggulan Pinrang ( supervised by Muris and Muh.Tawil ). This is research and development study that the desired products are valid and feasible learning instruments to be used. The products are (1) lesson plan, (2) students’ textbook, (3) students’ worksheet, and (4) achievement test. Development model of the instrument refers to the 4-D model which consisted of four phases, namely: (1) defining, (2) design, (3) development, and (4) dissemination. Analysis of the data used in this study is a descriptive statistical analysis. Descriptive statistics were used to analyze the validity of the study and described the results of observations of the test results. From the results, it can be stated that all the components of learning instrument that includes lesson plans, students’ textbook, students worksheet, and achievement test along with assessment instruments have met criteria of validity based on expert assessment. Thus, the instruments developed are feasible to be used in teaching Physics, especially on the subject of elasticity. It is also discovered that the quality of lesson plans, students’ textbook, and students’ worksheet are oriented on guided discovery learning method. Based on the analysis of questionnaire, it was showed that the students’ responses were very positive and based on the analysis of achievement test scores using standardized assessment relative of five scales showed that the levels of learning achievement was in high category. Keywords: Guided Discovery, Learning outcomes

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > FISIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Dec 2016 02:25
Last Modified: 05 Dec 2016 02:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1474

Actions (login required)

View Item View Item